BeautyMakeup

Makeup 101! Sebuah Teori untuk Para Beauty Enthusiast

Buat kamu yang mau ingin belajar makeup, baik untuk diri sendiri atau ingin menjadi makeup artist (MUA), kamu perlu tahu teori dasarnya dulu sebelum siap mengaplikasikannya di wajah.

Setiap orang itu unik. Mereka memiliki jenis kulit wajah, warna kulit, bentuk wajah, mata, hidung, alis, dan bibir yang berbeda-beda. Tujuan pemakaian makeup adalah untuk “menyempurnakan” kecantikan alami yang sudah dimiliki; meratakan warna kulit, menutupi pori-pori, menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya selain adanya keinginan untuk terlihat cantik, makeup juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, karena masih banyak wanita yang merasa insecure (tidak nyaman) dengan penampilannya akibat norma sosial yang ada dan keinginan untuk selalu tampil pantas.

Namun, saat ini pemakaian makeup sudah lebih dari sekedar untuk kecantikan. Banyak makeup digunakan untuk menunjukkan identitas diri, sebuah seni kreativitas, dan hobi.

Apapun tujuanmu memakai dan berkreativitas dengan makeup, kamu harus tahu teori dasar pemilihan warna dan tekstur makeup agar kamu dapat memilih produk yang tepat sehingga dapat menghasilkan riasan yang kamu visualisasikan.

Teori Makeup Dasar

Teori makeup sebenarnya sangat mudah, namun tentu tidak semudah praktiknya. Hasil akhir dari pemakaian makeup adalah tujuan yang ingin dicapai. Untuk mencapai hasil yang sempurna, dalam artian makeup tahan lama, tidak belang, dan seimbang, maka kamu harus:

    • Mengetahui produk yang tepat untuk tipe dan warna kulit.
    • Mengetahui teori warna kulit; warna-warna apa saja yang dapat meningkatkan kelebihan warna kulit.
    • Dapat menentukan undertone kulit (warna dasar kulit yang tidak dapat berubah-ubah karena faktor keturunan).
    • Mengetahui bagaimana tipe kulit tertentu bekerja dan terlihat jika memakai makeup
      Mengetahui teknik untuk mengatasi kondisi, bentuk wajah, dan tekstur kulit.

Itulah 5 pengetahuan dasar yang harus kamu miliki jika ingin bereksperimen dengan makeup.

makeup-expert

Alasan Perlunya Mengetahui Teori Makeup

Buat kamu yang ingin menjadi MUA, kamu harus benar-benar paham soal teori makeup untuk meminimalisir risiko klien yang tidak puas dengan hasil akhir sapuan kuasmu. Dengan menguasai teori dasar ini, dijamin klien akan merasa senang dan puas dengan pekerjaanmu, dan tentunya akan meningkatkan kredibilitasmu sebagai MUA.

Tentunya selain teori, kamu juga harus memiliki teknik makeup yang baik. Satu-satunya cara untuk meningkatkan teknik makeup adalah dengan sering latihan. Misalnya jika kamu seorang MUA dan memiliki klien yang memiliki wajah persegi, dan ia ingin agar tulang rahangnya tidak terlalu menonjol, kira-kira bagaimana kamu mengatasinya?

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan teori dasar yang kuat dan teknik yang dilatih, kemungkinan besar kamu akan kebingungan. Dengan mengetahui teori dasar makeup, maka kamu akan tahu harus mengaplikasikan produk dimana untuk mewujudkan keinginan klienmu.

Makeup memiliki kemampuan untuk mengubah wajah seseorang, bukan hanya bentuk wajah, bentuk mata, hidung, dan bibir pun bisa terlihat berubah dengan makeup. Jadi pelajari teori dasar dan latih terus teknikmu.

Tips Menjadi Makeup Expert

Latihan paling efektif untuk meningkatkan kemampuanmu adalah berdasarkan pengalaman. Dan pengalaman hanya dapat dicapai dengan tingginya kuantitas eksperimen. Sering-seringlah berlatih dengan berbagai orang yang memiliki bentuk wajah, kondisi, tekstur, dan warna kulit yang berbeda-beda. Kenali dasarnya, dan kemudian eksperimen dengan “mengubah” bagian-bagian tertentu.

Teknik “mengubah” wajah menjadi mirip artis tertentu misalnya, akan membutuhkan teknik yang berbeda-beda juga untuk setiap orang. Kamu harus mampu menganalisa bagaimana membuat hasil akhir yang kamu atau klien inginkan.

Buat para calon MUA, salah satu tips yang bisa kamu coba adalah dengan berdiskusi dengan klienmu. Setiap orang, baik yang menggunakan makeup atau tidak, biasanya tahu persis tentang kondisi kulit mereka. Tidak ada salahnya juga menanyakan pengalaman mereka sebelumnya ketika di makeup.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button