LifestyleWellnessWork StuffWorking Life

Apa itu Passion

Cara Mengetahui Passionmu

Mungkin akhir-akhir ini kamu sering mendengar kata-kata passion diucapkan. Namun siapa diantara kamu yang masih bingung dengan makna sebenarnya dari passion? Apakah hobi bisa diartikan sama dengan passion?

Passion adalah suatu kata yang memiliki persamaan makna dengan tekad, keyakinan, dan cinta. Passion merupakan keinginan kuat yang bisa membuat kamu melakukan hal-hal menakjubkan.

Passion adalah suatu bentuk emosi yang dimiliki oleh seseorang, dan bentuk emosi ini harus ditindaklanjuti dengan suatu tindakan. Tanpa suatu tindak lanjut dalam bentuk tindakan nyata, maka passion tidak memiliki arti, dan tentunya tidak akan menghasilkan hasil yang berharga.

Dalam bahasa Indonesia, passion adalah gairah, yang memiliki arti keinginan, hasrat, keberanian yang kuat. Kamu dapat menganggap passion adalah bahan bakar untuk membuat api, dan tanpa bahan bakar, maka api tidak akan terjadi.

Passion adalah bahan bakar, dan api adalah tindakan atau hasil yang terjadi karena adanya bahan bakar yang mendukungnya. Tidak peduli hujan dan angin, yang namanya bahan bakar pasti selalu bisa dinyalakan untuk membuat api.

Jadi apa itu passion? Bagaimana kamu dapat mengenali atau mengetahui passion kamu dengan pasti, dan bagaimana kamu bisa memanfaatkan passionmu dengan baik?

Apa Itu Passion?

what-is-passion

Sebuah keinginan yang ingin kamu capai dalam hidup itu didorong oleh passion, sehingga apapun itu keinginanmu, maka segala tindakanmu itu akan berusaha untuk mencapai keinginan tersebut.

Sebagai contoh, kamu memiliki keinginan untuk menjadi orang kaya dan memiliki banyak uang. Namun keinginan tersebut apakah hanya berupa sebuah keinginan belaka, atau kamu akan mengusahakannya agar keinginanmu itu dapat terwujud. Usaha yang dilakukan untuk mendapatkan keinginan inilah yang bisa disebut menjadi passion.

Bagaimana caranya? Kamu akan berusaha mencari tahu usaha apa saja yang bisa membuatmu memiliki banyak uang. Misalnya, kamu memutuskan untuk bekerja untuk mendapatkan gaji. Setelah bekerja, kamu melihat adanya kesempatan untuk menjual makanan kecil di pantry kantor, dan kamu melakukannya.

Kemudian, kamu juga melihat peluang untuk berjualan baju karena kamu melihat teman-temanmu suka belanja, dan seterusnya.

Ketika keinginan kamu sudah menjadi passion, kamu akan terbuka untuk melihat peluang dan mengusahakan untuk mencoba peluang tersebut yang memiliki tujuan untuk menjemput keinginanmu, yaitu memiliki banyak uang.

Contoh lainnya, kamu hobi memasak, tetapi kamu tidak memaksakan diri untuk membeli bahan-bahan yang terbaik atau berinvestasi di alat masak yang bagus. Kamu juga tidak ada keinginan lebih dari hobi memasak tersebut, seperti menjual masakanmu, atau sekolah kulinari untuk menjadi chef, atau memamerkan masakanmu di sosial mediamu. Maka hobi memasak itu adalah sekedar hobi tanpa passion.

Passion dapat mendorongmu melewati masa-masa sulit karena dengan memiliki passion kamu akan selalu mengusahakan keinginan itu, dan berusaha untuk selalu menjadi lebih baik lagi dalam mengusahakan keinginananmu dapat terwujud.

Perlu diketahui bahwa sebagai manusia, kita semua memiliki kemampuan untuk menciptakan kehidupan macam apa yang kita inginkan. Rahasia untuk mewujudkan mimpi itu tersembunyi dalam passion kita dan usaha apa yang akan kita lakukan dengan passion itu.

Bagaimana Mengetahui Apa Passion Kamu?

how-to-find-passion

Menemukan passion adalah sebuah perjalanan dan pencarian di dalam hidup. Kamu tidak perlu merasa stres atau frustasi jika kamu tidak tahu passion kamu itu apa. Untuk kamu yang sangat ingin mengetahui apa passionmu, maka jangan takut atau malas mencoba banyak hal baru.

Pengetahuan baru akan membawa inspirasi dan rasa tertarik. Inspirasi dan rasa ketertarikan atau rasa suka yang timbul itulah dapat membawamu untuk melakukan sesuatu. Usaha untuk “melakukan sesuatu” inilah yang bisa jadi sebuah passion.

Lalu bagaimana jika kamu sudah mengetahui apa yang menjadi passion kamu, tapi tidak melakukan usaha apa pun soal itu? Inilah yang masalah utama yang paling sering muncul. Kamu bisa memiliki passion terhadap segala hal, namun jika tidak ada usaha yang dilakukan untuk itu, apa gunanya passion tersebut?

Bayangkan kalau kamu memiliki passion terhadap lingkungan hidup; ingin bumi menjadi tempat yang layak dan sejahtera untuk ditinggali, kamu mencari tahu soal isu tersebut, lalu kemudian kamu bertindak hanya sebatas tidak membuang sampah sembarangan saja.

Lalu bagaimana? Padahal dengan passionmu tersebut kamu bisa melakukan lebih banyak hal, seperti menyebarkan informasi yang berguna bagaimana menjaga lingkunganmu tetap bersih, bagaimana memisahkan sampah organik, dan non-organik, mengajak teman-teman atau bergabung dengan komunitas untuk membantu kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya.

Dirimu sendirilah yang menentukan langkahmu dan mau dibawa kemana hidupmu. Jangan baru usaha sedikit dan menemui kerikil lantas kamu menyerah, dan merasa bahwa kamu tidak punya passion.

Passion terkadang harus diusahakan dan dipaksakan. Kamu tidak akan tahu apa yang bisa terjadi dalam hidupmu kecuali kamu terus berusaha dan belajar untuk menjadi lebih baik.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button