BeautyMakeup

Tipe Kuas Makeup yang Harus Kamu Ketahui

Panduan untuk Makeup Enthusiast Pemula

Pemakaian makeup terkadang membutuhkan kuas atau dalam bahasa Inggris disebut dengan brush, untuk pengaplikasiannya. Nonton video tutorial, terus bingung, kok banyak banget tipe kuas makeup ya?

Banyak dari kamu mungkin bertanya-tanya, untuk apa kuas makeup digunakan? Berapa banyak kuas makeup yang dibutuhkan? Apa kuas makeup terbaik untuk dibeli? Kuas makeup tipe apa, untuk apa, dan digunakan di mana? Buat kamu yang baru mulai belajar soal makeup, tipe kuas makeup dan cara penggunaannya bisa sangat membingungkan.

Tidak berbeda dengan makeup, kuas makeup pun selain ada beberapa tipe, kamu juga akan dihadapkan dengan banyak pilihan dan beragam rentang harga. Untuk yang sudah familiar dengan makeup dan kuas makeup pun terkadang masih mencari kuas yang tepat untuk tipe makeup yang digunakan.

Lalu bagaimana nasib kamu yang masih pemula? Tidak masalah! yang terpenting kamu harus tahu terlebih dulu tipe-tipe kuas atau brush makeup dasar. Setelah dasarnya tahu, maka akan semakin mudah untuk kamu mengenal varian-varian brush makeup lainnya.

Berikut adalah daftar lengkap berbagai kuas makeup dasar yang umum dan kegunaannya:

Concealer Brush | Kuas Concealer

Concealer-Brush

Memiliki bentuk seperti kuas untuk melukis yang pipih, namun sedikit lebih padat dengan bulu yang kuat dan biasanya terbuat dari serat sintetis. Kuas jenis ini digunakan bersama dengan concealer untuk aplikasi di bawah mata. Kuas ini juga bisa digunakan untuk eyeshadow dengan tekstur krim.

Blending Brush | Kuas Blending

Blending-Brush

Blending brush merupakan salah satu kuas favorit banyak orang. Umumnya, semakin bulat dan besar ujungnya, semakin lembut dan semakin menyatu aplikasinya. Ini adalah kuas yang bagus untuk pemula dan juga kuas yang bagus untuk membaurkan eyeshadow.

Blending brush digunakan untuk aplikasi eyeshadow di kelopak mata; dimana jika kamu menggunakan beberapa warna eyeshadow, maka kuas ini berguna untuk “menyatukan” warna eyeshadow untuk menimbulkan efek gradasi warna yang blending (tercampur) dengan sempurna.

Crease Brush | Kuas Kelopak Mata

Crease-Brush

Crease Brush memiliki fungsi hampir sama dengan blending brush, namun crease brush memiliki kepala bulu miring, bukan bulat. Kuas jenis ini sedikit lebih presisi untuk menempatkan warna eyeshadow di bagian kelopak mata.

Brow Brush | Kuas Alis

Brow-Brush

Memiliki bentuk hampir mirip dengan kuas concealer yang memiliki bulu yang padat dan kuat. Namun, jika kuas concealer memiliki kepala bulu yang bulat, kuas alis mata memiliki kepala datar yang meruncing di salah satu sisinya. Kuas ini dapat digunakan untuk mempertegas dan mengisi alis yang ‘kosong’, dan juga dapat digunakan untuk aplikasi eyeliner dengan tekstur gel.

Pencil Brush | Kuas Pensil

Kuas ini digunakan untuk menghasilkan tampilan smokey eyeshadow yang lembut. Kuas pensil juga dapat digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow di bagian bawah bulu mata. Kuas ini berukuran kecil dan memiliki kepala bulu berbentuk seperti ujung pensil.

Lash and Brow Spoolie Brush | Kuas Spoolie

Kuas spoolie memiliki ukuran yang kecil. Kuas ini biasanya digunakan untuk menjinakkan alis mata yang berantakan, dan juga dapat menghilangkan gumpalan maskara di bulu mata. Selain dapat dibeli satuan, terkadang beberapa brand menyertakan kuas ini bersamaan dengan produknya, seperti pensil alis di ujung satu, dan spoolie brush di ujung lainnya.

Flat Eyeshadow Brush | Kuas Eyeshadow

Flat-Eyeshadow-Brush

Ini adalah salah satu kuas yang harus kamu punya untuk aplikasi eyeshadow. Kuas ini sangat penting untuk menciptakan dasar yang halus untuk aplikasi eyeshadow apa pun. Carilah kuas yang memiliki bulu yang padat, kuat, dan sedikit tebal. Untuk aplikasi terbaik, pilihlah kuas yang memiliki bulu asli, bukan sintesis.

Flat Eyeliner Brush | Kuas Flat

Flat-Eyeliner-Brush

Kuas flat, seperti namanya, memiliki ujung kepala bulu yang datar, pendek, dan padat. Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner yang sempurna dan tahan sepanjang hari.

Lip Brush | Kuas Bibir

Lip-Brush

Kuas bibir memang digunakan untuk di bibir dan memiliki fungsi untuk mengaplikasikan lipstik. Untuk penggunaan makeup pribadi, kuas ini terkadang tidak terlalu diperlukan. Namun jika kamu seorang MUA, maka penting untuk memiliki kuas ini agar lebih higienis; tidak mungkin kan satu lipstik hanya untuk digunakan oleh satu klien.

Foundation Brush | Kuas Foundation

Foundation-Brush

Kuas foundation memiliki bentuk medium, memiliki bulu pipih dan ujung kepala bulu yang membulat. Tentunya kuas ini digunakan untuk aplikasi foundation atau alas bedak, dan digunakan untuk mencapai hasil akhir yang flawless (sempurna-tanpa cela) dan memunculkan tampilan airbrush.

Stippling Brush | Kuas Stippling

Stippling-Brush

Kuas stippling dapat menciptakan permukaan wajah seperti memakai makeup airbrush yang sempurna. Kuas ini multifungsi karena dapat digunakan untuk mengaplikasikan foundation, blush, bronzer, bedak, dan highlighter.

Kuas stippling juga sangat efektif untuk mengaplikasikan produk cair dan krim. Ada bulu duo-serat di bagian atas kuas, yang membuat aplikasi ringan dan lembut yang terlihat sangat alami. Ujung kuas ini terasa sangat ringan dan berbulu.

Kuas Stippling memiliki bulu yang melebar dan berdiri satu-satu dengan ujung runcing di setiap bulunya.

Basic Brush | Kuas Dasar

Basic-Brush

Disebut kuas dasar karena ini biasanya dijual dalam satu paket bundling. Biasanya kuas di dalam paket ini terdiri dari kuas bedak, kuas bronzer, kuas blush, kuas highlight. Walaupun secara fungsi cukup dasar, namun sebenarnya kamu tidak terlalu memerlukannya; karena satu kuas saja dapat digunakan untuk mengaplikasikan keempatnya. Biasanya produk makeup seperti bedak, bronzer, blush, dan highlight sudah dilengkapi dengan brush.

Pada dasarnya tidak semua penggunaan makeup memerlukan kuas untuk pengaplikasiannya, tentunya tergantung tipe dan tekstur dari produk makeup itu sendiri.

Kuas makeup memiliki kualitas dan harga yang beragam, pun menciptakan hasil akhir yang berbeda. Tidak ada salahnya untuk mencari informasi rekomendasi kuas yang bagus sebelum memutuskan untuk membeli.

 

sign

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button