LifestyleWellness

Apa itu Wellness

Jargon Kekinian yang Harus Kamu Ketahui

Mungkin banyak dari kamu sering melihat atau mendengar kata wellness dari berbagai media. Wellness bukan hanya sekedar jargon kesehatan yang digaungkan atau sedang tren, wellness adalah salah satu lifestyle yang perlu kamu ketahui dan implementasikan dalam hidupmu.

Definisi Wellness

Wellness adalah suatu praktik kebiasaan sehat yang diterapkan seseorang, yang bertujuan untuk mencapai kesehatan fisik dan mental yang seimbang dan lebih baik. Wellness merupakan integrasi penuh dari kesejahteraan fisik, mental dan spiritual, yang saling terkait, terikat, dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kesehatan seseorang memiliki tujuh dimensi yang masing-masing berkontribusi pada kesejahteraan atau kualitas hidup seseorang. Banyak orang mungkin menguasai beberapa dimensi hidup yang lebih menonjol dibandingkan dimensi yang lain, tetapi mengabaikan satu dimensi untuk waktu yang lama dapat berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan.

7 Dimensi Wellness yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut adalah 7 dimensi wellness yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan:

  • Dimensi Fisik
    Kesehatan fisik mencakup hal-hal yang berkontribusi pada kesehatan fisik seperti: aktif olahraga, memiliki pola makan yang sehat dan seimbang, menghindari kebiasaan buruk, peduli dengan keadaan tubuh seperti dapat mengidentifikasi gejala penyakit yang muncul, dan lain sebagainya.
  • Dimensi Emosional
    Ini merupakan dimensi yang paling mempengaruhi keadaan 6 dimensi lainnya. Kurangnya apresiasi dan ekspresi dapat mempengaruhi wellness secara keseluruhan. Mencintai dan menerima diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dan bahwa terkadang sesuatu tidak berjalan sesuai harapan, sangat penting dilakukan agar tidak larut dalam kesedihan.
  • Dimensi Intelektual
    Dimensi ini mendorong aktivitas mental yang kreatif dan merangsang. Pikiran kita harus terus-menerus diilhami dan dilatih seperti halnya tubuh kita. Orang yang memiliki tingkat kesehatan intelektual yang tinggi memiliki pikiran yang aktif dan keinginan untuk terus belajar untuk meningkatkan keterampilan.
  • Dimensi Sosial
    Kesehatan pada dimensi sosial mengacu pada kemampuan kita untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Mempelajari keterampilan komunikasi yang baik, mengembangkan kedekatan dengan orang lain, menciptakan hubungan yang baik, dan berkontribusi pada komunitas secara lokal dan global akan membangun rasa memiliki sehingga meningkatkan keinginan untuk menjadikan dunia lebih baik lagi, setidaknya pada lingkungan tempat kita hidup.
  • Dimensi Spiritual
    Spiritual wellness melibatkan keyakinan, prinsip, dan nilai yang dipegang seseorang sebagai pedoman dalam menjalankan hidupnya. Dimensi ini mencakup tingkat keyakinan, harapan, dan komitmen yang tinggi terhadap keyakinan pribadi untuk memberikan makna dan tujuan hidup. Seseorang yang sehat secara spiritual akan mencari keselarasan antara apa yang ada di dalam dan kekuatan di luar.
  • Dimensi Lingkungan
    Kesehatan lingkungan adalah kesadaran akan keadaan dunia yang tidak stabil dan segala kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan memiliki dampak terhadap lingkungan fisik. Memaksimalkan keselarasan dengan bumi sebagai dunia tempat kita tinggal, meminimalkan kerusakan lingkungan, melibatkan diri dalam kegiatan yang bertanggung jawab secara sosial untuk melindungi lingkungan.
  • Dimensi Pekerjaan
    Dimensi ini melibatkan pemanfaatan keterampilan dan bakat seseorang untuk mencapai tujuan dan kebahagiaan di dalam hidup. Kepuasan dan kesehatan kerja terkait dengan sikap kamu terhadap pekerjaan yang kamu miliki. Wellness pada pekerjaan yang optimal memungkinkan kamu untuk mempertahankan sikap positif dan mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan dalam menjalankan pekerjaan kamu.

Wellness sangat dibutuhkan, terutama dengan semakin bertambahnya usia. Semua pengalaman dan pengetahuan yang kamu miliki sepanjang hidup dapat meningkatkan atau menurunkan kualitas wellness diri sendiri. Ini adalah sebuah pilihan hidup yang hanya dirimu sendiri yang dapat memutuskan bagaimana kamu mau menjalani hidup kamu.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button