RelationshipRomance

Tips & Trik Menjalani LDR

Menjalani LDR, banyak yang berhasil menjalankannya, banyak juga yang merasa berat. Namun ada tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar hubungan LDR yang kamu miliki berhasil.

Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh merupakan salah satu bentuk hubungan romantis. Disebut jarak jauh (long distance) karena terpisahnya pasangan secara fisik dan geografis, namun keduanya masih memiliki keinginan dan komitmen untuk menjaga hubungan tersebut.

Sebelum Memutuskan untuk LDR

Sebelum memutuskan untuk menjalani LDR, kedua belah pihak harus mengomunikasikan aturan yang jelas dalam menjalani hubungan ini. Pastikan bahwa kedua belah pihak memiliki perpektif yang sama. Jangan sampai yang satu berpikir bahwa ini adalah open relationship (dapat menjalani hubungan dengan orang lain), sementara yang satu berpikir bahwa ini adalah close relationship alias monogami.

Perpisahan secara geografis sudah seratus persen jadi, sehingga dibutuhkan komunikasi yang jujur dan terbuka tentang apa yang diharapkan dari menjalani hubungan LDR ini, dan apa yang sebenarnya kedua belah pihak inginkan. Jangan sampai salah satunya merasa terpaksa menjalaninya karena tidak mau menyakiti hati pasangannya.

4 Hal yang Harus Dimiliki oleh Pasangan yang Menjalani LDR

Tidak adanya tatap muka dan kedekatan, terbatasnya komunikasi karena perbedaan waktu, banyak membuat pasangan gagal menjalankan hubungan ini. Namun tidak sedikit pasangan yang berhasil menjalaninya.

Agar dapat berhasil menjalani LDR, kamu dan pasangan harus memiliki 4 hal ini:

  • Komitmen
    Ini adalah hal paling utama yang harus dimiliki kedua belah pihak. Godaan karena jarak dan orang-orang sekitar akan menjadi beban untuk orang yang tidak punya komitmen kuat untuk menjaga dan menjalankan hubungan LDR.
  • Rasa Percaya
    Akan sulit menjalankan LDR apabila tidak ada rasa saling percaya dari keduanya ataupun salah satu pihak. Ketidakpercayaan akan berujung pada keraguan, rasa curiga, dan cemburu yang tidak baik untuk keduanya. Komunikasi yang terbatas akan dipenuhi oleh hal-hal tidak enak dan malah membuat resah setelahnya.
  • Kemandirian
    Hubungan LDR mengajarkan untuk menjadi orang yang mandiri alias tidak bergantung kepada pasangan. Pasangan yang mandiri akan lebih mudah menjalani LDR karena mereka akan dapat menjalani harinya dan kesibukannya dengan normal tanpa ada rasa galau atau kesepian akibat tidak ada pasangan.
  • Terorganisir
    Memiliki pasangan yang terorganisir akan dapat mengatur kesibukannya dengan baik, mereka sudah mengatur waktu untuk dapat berkomunikasi dengan pasangannya secara teratur. Sementara orang yang tidak terorganisir dapat menganggap komunikasi adalah sebuah gangguan dalam kesibukannya.

LDR merupakan tantangan yang berat secara emosional. Kamu tidak bisa selalu menghubungi atau menemui pasanganmu ketika sedang merasa sedih atau kangen karena perbedaan geografis yang tidak memungkinkan.

Menjalankan LDR memberikan banyak pelajaran mengenai komitmen, rasa percaya, kemandirian, dan kesabaran secara umum. Jika kalian bisa melewatinya dengan baik, itu merupakan hal yang sangat luar biasa karena jarak yang ada tidak memisahkan perasaan dan hubungan yang ada.

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button