CultureLifestyle

Lifestyle Seperti Apa yang Kamu Jalankan

Istilah lifestyle atau gaya hidup merupakan istilah yang sangat populer dan memiliki makna yang luas. Namun sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan lifestyle itu sendiri, dan seberapa luas cakupan dari suatu hal hingga dapat disebut sebagai lifestyle.

Sekilas Sejarah Mengenai Lifestyle

Istilah lifestyle sendiri pertama kali muncul pada tahun 1929 dalam sebuah buku yang ditulis oleh seorang psikologis Austria bernama Alfred Adler yang berjudul The Case of Miss R. Dalam buku tersebut, Adler mendeskripsikan lifestyle sebagai “Karakter seseorang yang dibangun sejak lahir”.

Sejak saat itu istilah lifestyle sendiri pertama kali terdokumentasi pada tahun 1961 dengan pengertian yang jauh lebih luas yaitu, “cara individual menjalani hidupnya”, dan berlaku hingga saat ini.

Apa yang Dimaksud dengan Lifestyle?

Intinya, lifestyle sendiri merupakan hal yang menyangkut kehidupan seseorang, baik itu dilakukan secara individual ataupun bersama-sama yang dilakukan secara berulang-ulang hingga menjadi suatu kebiasaan. Lifestyle yang kita jalani merupakan identitas kita sebagai individu yang didorong oleh keputusan tentang bagaimana kita mau menjalani hidup.

Lifestyle sendiri merupakan kombinasi dari tuntutan sosial dan budaya, kebutuhan, dan keinginan pribadi. Ketiga hal tersebut membentuk gaya hidup kita yang bertujuan untuk mencapai kebahagiaan dan kedamaian dalam hidup.

Seseorang hidup tidak terbatas pada satu macam lifestyle, bahkan lifestyle seseorang dapat berubah seiring waktu dan pengalaman hidup. Secara umum, terdapat sepuluh macam lifestyle yang umumnya dijalankan seorang individu dalam hidupnya ditambah dengan lifestyle berdasarkan agama, pekerjaan, hobi, pandangan sosial politik, musik, dan kehidupan seksual.

10 Macam Tipe Lifestyle

Berdasarkan artikel yang ditulis oleh Catherine Searle, berikut adalah 10 tipe lifestyle yang umumnya dijalani oleh seseorang:

  • Akademisi (The Academic)
    Orang yang menjalani lifestyle sebagai akademisi menemukan kepuasaan dengan membaca, menulis, berbagi ide, dan menganalisa konsep dan teori ilmiah. Lifestyle ini didorong oleh rasa keingintahuan yang tinggi atas ilmu pengetahuan dan kehausan untuk belajar.
  • Aktivis (The Activist)
    Orang yang menjalani lifestyle ini didorong oleh keinginan untuk membuat perubahan untuk dunia tempatnya tinggal. Mereka yang menjalani lifestyle ini akan melakukan hal-hal yang mereka percaya untuk dapat membuat dunia menjadi lebih baik untuk generasi berikutnya.
  • Petualang (The Adventurer)
    Seseorang yang menjalani lifestyle sebagai petualang merupakan orang yang menjalani hidup mencari dan melakukan petulangan. Di mata mereka, bertualang adalah suatu hal yang memberikan kebebasan dan kepuasan dalam menaklukan hal-hal yang tidak banyak orang melakukannya.
  • Bohemian (The Bohemian)
    Ini adalah lifestyle yang biasa dijalankan oleh individu yang mencintai kebebasan mencari pengalaman hidup dan menyukai koneksi dengan orang lain pada tingkat emosional yang dalam.
  • Korporat (The Corporate)
    Lifestyle ini lebih dijalankan oleh orang yang menyukai berada di dalam suatu lingkungan yang stabil dan sepemikiran. Dengan berada di lingkungan tersebut, mereka akan merasa menjadi bagian dari suatu komunitas yang ingin mencapai tujuan bersama. Orang yang menjalani lifestyle biasanya termotivasi untuk menjadi lebih baik dalam hidupnya.
  • Kreatif (The Creative)
    Individu yang menjalani lifestyle ini akan merasa puas dan bahagia ketika berhasil menciptakan sesuatu secara nyata yang datang dari ide dalam kepalanya. Biasanya mereka mendedikasikan hidupnya untuk mencari inspirasi dan berusaha untuk mewujudkannya.
  • Pecinta Lingkungan Hidup (The Nature-Lover)
    Mereka yang menjalani lifestyle ini akan merasa sangat bahagia ketika berada dekat dengan alam, sehingga orang yang menjalani lifestyle ini akan selalu mempertimbangkan segala keputusannya akan sesuatu yang dipakai dan dilakukannya; apakah hal tersebut baik untuk lingkungan atau tidak.
  • Penyedia (The Provider)
    Penyedia merupakan lifestyle yang dijalankan untuk mengutamakan kepentingan orang lain. Perasaan dapat membantu orang lain akan membuat mereka sangat puas dan damai.
  • Sosialita (The Socialite)
    Lifestyle sebagai sosialita akan dipenuhi dengan keinginan yang besar untuk berinteraksi dengan orang lain dari berbagai latar belakang dan kepribadian. Mereka yang menjalani lifestyle ini biasanya tidak suka dengan rutinitas dan kesendirian.
  • Teknisi (The Technician)
    Seperti layaknya teknisi, mereka menjalani hidup secara metodis dan sistematis. Biasanya orang yang menjalani lifestyle ini memiliki tingkat fokus yang tinggi, hingga ke detail kecil.

Dari 10 tipe lifestyle di atas, kira -kira kamu sedang menjalani lifestyle yang mana? Atau mungkin kamu adalah orang yang menjalani beberapa lifestyle sekaligus? Lifestyle manapun yang sedang kamu jalankan, selama hal tersebut dapat membuat kamu bahagia, dan tidak merugikan orang lain, maka pertahankan.

Sementara buat kamu yang sedang merasa stagnan dalam hidup, dan berpikir bahwa hidup kamu hanya berlalu begitu saja, namun rasanya ingin membuat perubahan, mungkin sudah saatnya kamu refleksi ulang hidup kamu.

Tanya dirimu sendiri, hidup bagaimana yang mau kamu jalani, apa gol yang ingin kamu capai, apakah lifestyle yang sekarang dijalani akan “menghalangi” gol tersebut, atau kamu harus mengganti lifestylemu untuk mencapai gol tersebut?

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button