BeautyHair

Produk Perawatan Rambut Utama yang Harus Kamu Gunakan

Rambut adalah mahkota wanita, adalah sebuah pernyataan lawas yang kita pasti setuju. Jangankan rambut tidak sehat, rambut berantakan dan lepek saja sudah sangat mempengaruhi penampilan kita secara keseluruhan.

Rambut, layaknya anggota tubuh yang lain, juga perlu dirawat. Jika kamu menyadari seiring berjalannya waktu, rambutmu tampak tidak sehat atau mengalami banyak masalah yang sebelumnya tidak pernah ada, maka sudah saatnya kamu mulai menambahkan rutinitas perawatan rambut, selain hanya menggunakan sampo.

Salah satu cara paling mudah untuk melakukan rutinitas perawatan rambut tambahan adalah dengan pergi ke salon. Namun, jika kamu tidak memiliki waktu atau mengeluarkan dana untuk setidaknya sekali perawatan, maka kamu perlu mengetahui produk-produk dasar yang bisa membantu merawat rambutmu.

Berikut adalah produk dasar perawatan rambut yang setidaknya harus kamu milliki. Setiap produk tentunya memiliki fungsi dan rentang harga yang berbeda. Namun, dengan membeli produk dan melakukan perawatan sendiri di rumah, sebenarnya kamu bisa menghemat banyak, karena banyak produk perawatan rambut memiliki kemasan yang besar dan bisa digunakan untuk beberapa kali perawatan.

1. Pembersih Rambut | Hair Cleanser

Pembersih rambut adalah produk yang digunakan untuk mencuci rambut seperti sampo (shampoo). Fungsi utama dari sampo adalah untuk membersihkan rambut dan kulit kepala.

Namun perlu diketahui bahwa kebanyakan sampo komersial berbasis sulfat. Sulfat adalah agen pembersih dalam sampo, yang membuatnya sangat efektif untuk menghilangkan kotoran, minyak, produk, dan bau rambut.

Buat kamu yang memiliki jenis rambut ikal dan keriting, atau jika tekstur rambut kamu rapuh, maka ada baiknya kamu menggunakan sampo dengan formula bebas sulfat, karena formulanya lebih lembut untuk rambut.

sampo dengan formula bebas sulfat sangat ideal untuk jenis rambut yang lebih rapuh seperti rambut keriting atau bertekstur Afro, di mana minyak alami kulit kepala lebih sulit mencapai ujung helai.

Memilih sampo yang tepat untuk rambut sangat penting, karena setiap kulit kepala dan jenis rambut unik dan memiliki kebutuhannya masing-masing.

2. Kondisioner Rambut | Hair Conditioners

Kondisioner adalah produk integral dalam rutinitas perawatan rambut harian; langkah terakhir dalam rutinitas mandi. Kondisioner memainkan peranan utama untuk penampilan rambut kita. Bukan itu saja, kondisioner juga dapat membuat rambut kita terlihat, terasa, dan bergerak lebih mudah dan indah.

Produk kondisioner, ketika digunakan akan menempel pada kutikula rambut, sehingga dapat menghaluskan batang rambut dan sekaligus dapat mengatur pH rambut. Ingat untuk tidak menggunakan kondisioner ke kulit kepala, karena dapat menyebabkan gatal, penumpukan produk, dan iritasi.

Aplikasi terbaik adalah dengan mengoleskan kondisioner pada batang rambut, yaitu sekitar 5-7 cm dari kulit kepala.

3. Pelembab Rambut | Hair Moisturizers

Fungsi pelembab rambut tentunya adalah untuk memberikan kelembapan dan nutrisi pada rambut. Beberapa jenis pelembab rambut memiliki manfaat tambahan, seperti membuat rambut lebih mudah terurai; melumasi helai rambut, dan terhindar dari simpul dan kusut.

Pelembab harus sering digunakan sesering rambut kamu membutuhkannya. Beberapa jenis rambut membutuhkan aplikasi pelembab setiap beberapa hari sekali, mungkin seminggu sekali, dan bahkan bisa setiap hari. Semua tergantung dari kondisi rambut masing-masing.

4. Serum / Hair Oil

Bertentangan dengan kepercayaan populer, serum dan hair oil tidak memiliki fungsi untuk melembabkan rambut. Serum dan hair oil tidak mengandung air sebagai bahan utama, dan karena itu tidak efektif untuk hidrasi. Namun, keduanya adalah sealant (pengunci kelembapan pada rambut) yang sangat baik.

Jadi setelah menggunakan pelembab, kuncilah pelembab tersebut dengan serum atau hair oil untuk mencegah penguapan produk terlalu cepat. Serum dan hair oil juga dapat menambahkan kilau, kehalusan dan kelembutan, dan menjinakkan rambut yang kusut.

5. Produk Penataan Rambut | Styling Products

Produk penata rambut memiliki banyak jenis, mulai dari mousse, heat protectant, hair spray, dan lain sebagainya. Produk-produk ini memang tidak memiliki fungsi dalam perawatan, namun produk-produk ini dapat digunakan untuk menata rambut sesuai keinginan atau bahkan melindungi rambut dari penggunaan alat-alat yang kamu gunakan untuk rambutmu.

Perlu diingat juga untuk selalu membaca bahan-bahan yang terkandung di dalam produk-produk tersebut sebagai bentuk pencegahan terjadinya kerusakan rambut yang lebih parah.

Merawat rambut sangatlah penting. Bukan hanya untuk penampilan, namun juga kesehatan kulit kepala. Merawat rambut tidak harus mahal, namun melakukan perawatan secara rutin adalah kuncinya. Peka terhadap kondisi rambut, dan menggunakan produk yang sesuai adalah langkah awal untuk dapat menjaga rambutmu agar selalu dalam kondisi sehat dan baik.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button