BeautyHair

Alat Styling Rambut yang Harus Kamu Miliki

Alat styling rambut atau hair style tools sangat umum dimiliki oleh banyak wanita dengan berbagai tipe rambut. Buat kamu yang tidak memiliki waktu untuk ke salon, memiliki alat styling rambut sendiri di rumah juga merupakan investasi loh.

Alat-alat styling yang ada sekarang di pasaran, memungkinkan kamu mendapatkan transformasi rambut layaknya pergi ke salon. Alat styling dijual dengan berbagai macam harga, dan memilikinya untuk penggunaan pribadi dapat menghemat pengeluaran styling di salon. Terutama jika kamu sudah ahli menggunakan alat-alat tersebut untuk menghasilkan berbagai macam tatanan rambut.

Alat styling tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, namun pada dasarnya alat-alat tersebut hanya terbagi menjadi 5 macam berdasarkan fungsi, yaitu:

Pengering Rambut | Hair Dryers

hair-dryer

Hair dryers adalah alat yang sudah ada sejak dulu, jauh sebelum alat-alat lain ditemukan. Karena popularitas dan pentingnya alat ini, banyak hotel pun juga menyediakan hair dryer sebagai salah satu fasilitas yang ada pada setiap kamar. Pada dasarnya, hair dryer memiliki fungsi sebagai pengering rambut setelah keramas.

Selain fungsi utama alat ini, hair stylist di salon juga menggunakan hair dryer untuk melakukan blow rambut; yaitu menggunakan hair dryer dan sisir bulat atau sisir dayung untuk styling rambut yang menghasilkan tampilan rambut lebih bervolume dan rapih, memperlihatkan potongan rambut.

Berbagai tipe hair dryers banyak yang sudah memiliki berbagai kecepatan dan panas yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Selain dapat mengeluarkan angin panas, ada beberapa hair dryers yang juga dilengkapi dengan angin dingin.

Untuk hair dryers yang lebih canggih, biasanya juga disertakan dengan sejumlah alat tambahan, seperti:

  • Diffuser: Alat tambahan yang ideal untuk mendistribusikan panas secara merata, sehingga dapat meminimalkan kerusakan.
  • Straightening Nozzle: Alat tambahan yang berfungsi untuk memastikan kutikula rambut tetap pada tempatnya untuk hasil akhir yang halus.
  • Ionic Hair Dryer: Teknologi yang sudah ditambahkan, dang memiliki fungsi yang sangat bagus dalam mengurangi statis, untuk meminimalkan flyaways dan mengunci kilau rambut.

Catokan | Straighteners

Hair-Straighteners

Ini dia alat styling rambut paling populer nomor dua setelah hair dryer. Catokan memiliki dua panel datar yang bisa kamu gunakan untuk menjepit rambut dari ujung kepala sampai ke ujung rambut untuk menghasilkan rambut lurus dan menghaluskan helai yang bandel.

Catokan memiliki pengaturan panas yang berbeda tergantung pada apakah kamu menginginkan hasil yang tetap natural atau “mateng” banget, yang sangat lurus.

Alat Pengeriting | Curling Iron

Curling-Iron

Sesuai namanya, curling iron memiliki fungsi untuk membuat rambut menjadi ikal. Alat ini memiliki bentuk silinder dan terkadang dilengkapi dengan alat penjepit yang sudah menempel pada silinder besinya untuk menjepit rambut yang digulung untuk membentuk ikal rambut.

Material yang digunakan pun beragam, diantaranya keramik dan turmalin untuk meningkatkan kilau rambut, atau jenis logam dan berlapis emas, yang lebih cepat panas.

Perbedaan ukuran diameter silinder akan menghasilkan gelombang ikal yang berbeda. Semakin besar diameter silinder maka akan semakin besar juga gelombang ikal yang dihasilkan, dan juga sebaliknya, semakin kecil diameter silinder, maka ikal yang dihasilkan akan lebih ketat.

Curling iron juga memiliki tingkatan panas yang berbeda, yang ditujukan untuk menyesuaikan suhu berdasarkan jenis rambut; rambut yang lebih tebal mungkin memerlukan suhu yang lebih tinggi agar dapat mendapatkan hasil ikal yang maksimal.

Crimper | Crimpers

Hair-Crimpers

Crimper memiliki bentuk percampuran antara catokan dan curling iron; berbentu seperti alat penjepit catokan, namun plat yang digunakan untuk menjempit terdiri dari sejumlah silinder besi yang berdasain zigzag.

Style rambut yang dihasilkan crimper akan menciptakan gelombang dan tekstur ala-ala putri kerajaan pada masa medieval.

Rol Panas | Heated Rollers

Heated-Rollers

Heated rollers pada dasarnya adalah alat rambut yang didesain khusus untuk dapat dipanaskan. Alat ini biasanya memiliki tempat pemanas berbentuk tas atau alas yang dapat dicolokan ke listrik untuk menghasilkan panas pada rol.

Setelah panas, kamu bisa memakaikan rol rambut langsung ke rambutmu dan ditahan dengan klip rambut atau bobby pin. Setelah itu kamu tunggu sampai rol menjadi dingin sebelum dilepaskan dari rambut.

Hasil pemakaian rol adalah rambut yang ikal bergelombang, dan besar gelombangnya pun bergantung pada ukuran rol rambut yang kamu miliki.

Alat ini cukup mudah digunakan dan kamu bahkan bisa sambil berdandan sambil menunggu rol mendingin, sehingga cukup efektif dan tidak menghabiskan banyak waktu seperti alat lainnya, dimana kedua tanganmu akan cukup sibuk; apakah mengurus rambut atau berdandan.

 

sign

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button