BeautyBodyFace

5 Alasan Penting Kenapa Kamu Wajib Menggunakan Sunscreen

Sunscreen merupakan satu-satunya skincare yang harus selalu kamu gunakan setiap hari. Kamu bisa tidak menggunakan pelembab, serum, toner, dan lainnya, tapi kamu tidak boleh tidak memakai sunscreen dengan alasan apa pun.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas serba-serbi dan pentingnya menggunakan sunscreen dalam keseharian kita. Buat kamu yang belum membaca artikel tersebut, kamu bisa baca disini.

Sementara buat kamu yang sudah membaca artikel tersebut, dan sudah mengerti kenapa menggunakan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit kita, tapi apakah kamu tahu alasan spesifik kenapa memakai sunscreen benar-benar penting hingga semua beauty enthusiast atau beauty influencer ramai-ramai menggunakannya dan menyarankankan para followersnya untuk menggunakannya tanpa terkecuali?

Efek Sinar Matahari pada Kulit

Sinar matahari yang memiliki banyak manfaat bagus untuk tulang, ternyata juga memiliki efek buruk terhadap kulit kita. Matahari memiliki yang namanya radiasi sinar ultraviolet atau banyak disebut sebagai sinar UV. Untuk penjelasan mudahnya, matahari memiliki partikel radioaktif dalam level sangat rendah ketika sudah mencapai bumi dan kamu yang berada di dalamnya.

Namun serendah apapun level radiasi, tetap saja berbahaya bagi kita terutama karena kita selalu terpapar dengan sinar matahari walaupun hanya di dalam ruangan. Paparan sinar matahari yang terus menerus memiliki dampak buruk terutama kerusakan pada jaringan kulit. Disinilah gunanya pemakaian sunscreen dan mengapa sunscreen merupakan satu-satunya produk skincare yang tidak boleh kamu lupakan.

Seperti dilansir dalam bustle.com yang mewawancarai Dr. Lotika Singh dari Schweiger Dermatology Group yang berbasis di New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa hal paling mengerikan dari paparan sinar UV secara terus menerus adalah meningkatnya resiko kanker kulit. Selain itu efek buruk sinar UV yang paling terlihat adalah warna kulit yang tidak merata, munculnya flek hitam pada wajah, dan kulit cepat keriput dibandingkan orang-orang seumuran kamu yang rajin memakai sunscreen.

5 Alasan Penting Memakai Sunscreen

Buat kamu yang merasa belum perlu atau tidak peduli dengan skincare selain sabun cuci muka, buatlah pengecualian untuk sunscreen. Ingat saja bahwa manfaat memakai sunscreen lebih banyak untuk kesehatan dibandingkan untuk kecantikan. Berikut adalah 5 alasan kenapa memakai sunscreen setiap hari sangat penting.

1. Mengurangi Resiko Kanker Kulit

Sunscreen mengandung bahan-bahan yang dapat memantulkan atau menyerap efek sinar buruk sinar UV sebelum dapat terserap ke kulit kita. Dengan memakai sunscreen setiap hari, sepanjang hari, kamu akan mengurangi resiko terkena kanker kulit.

2. Mengurangi Inflamasi

Untuk beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, terutama yang memiliki masalah kulit seperti psoriasis atau rosacea dapat dengan mudah mengalami inflamasi kulit akibat paparan sinar UV. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari maka dapat membantu mencegah inflamasi kulit dari serangan sinar UV yang berbahaya.

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan mudah terbakar, disarankan untuk memakai sunscreen tipe physical atau mineral, dan juga disarankan untuk menghindari sunscreen semprot karena biasanya mengandung alkohol yang tidak baik untuk kulit sensitif. Jadi perhatikan kandungan bahan-bahan ya sebelum membeli sunscreen.

3. Mengurangi Resiko Kulit Terbakar (Sunburn)

Semua dermatologis akan menyarankan untuk melindungi kulit kamu dari terbakar sinar matahari atau biasanya disebut sunburn. Terlalu lama beraktifitas di luar tanpa menggunakan sunscreen akan membuat kulitmu mudah terbakar.

Kalau kulit kamu seringkali terbakar atau mengalami sunburn, jaringan kulit akan rusak dan lama kelamaan dapat menyebabkan kanker kulit, penuaan dini, dan masalah kulit lainnya.

4. Mencegah Efek Penuaan Dini

Paparan sinar UV dapat merusak jaringan kulit yang menyebabkan rusaknya elastisitas dan berkurangnya kolagen dalam kulit. Perlahan kulit akan mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti diskolorasi atau tidak meratanya warna kulit, keriput, munculnya garis-garis halus, dan kulit terlihat kusam.

Penuaan dini atau biasa disebut photoaging merupakan hal yang umum terjadi pada kamu yang tidak biasa memakai sunscreen, terutama untuk kamu yang berusia 20-30 tahun. Untungnya, permasalah penuaan kulit ini dapat dengan mudah diatasi dengan mulai memakai sunscreen setiap hari.

5. Mencegah Warna Kulit Tidak Merata

Efek sinar UV yang paling terlihat oleh mata adalah adanya flek/bintik/bercak hitam atau biasanya berwarna coklat tua seperti bercak berukuran kecil yang biasanya muncul pada area wajah, tangan, dan lengan; area-area yang biasanya tidak terlindungi pakaian dan tidak dioleskan sunscreen.

Menggunakan sunscreen setiap hari dapat mencegah semakin banyaknya timbul bercak-bercak kecoklatan ini di permukaan kulit. Sementara untuk menghilangkan bercak yang sudah ada akan membutuhkan waktu lebih lama, dan kadang dibutuhkan bantuan dari bahan-bahan lain untuk memudarkannya hingga hilang.

Info Tambahan Penting Mengenai Sunscreen

Efek buruk sinar UV yang menyebabkan kanker memang tidak langsung terlihat efeknya; efek buruk ini bekerja dan terakumulasi seiring waktu. Jangan sampai menyesal ketika nanti sudah terlanjur melihat efek buruknya yang secara kasat mata dapat mengganggu penampilan kamu, dan lebih seram lagi adalah efeknya yang mungkin tidak langsung terlihat dengan jelas.

Memilih sunscreen yang tepat memang cukup sulit terutama dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan oleh berbagai brand. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba-coba mana yang paling sesuai, karena memang pada dasarnya yang terpenting adalah fungsinya. Selalu ingat untuk memakai ulang sunscreen setiap dua jam, bahkan ketika cuaca sedang mendung, atau kamu hanya berada di rumah saja.

Sebagai saran, pilihlah sunscreen yang memiliki perlindungan luas (broad spectrum) yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA (Ultraviolet A) dan UVB (Ultraviolet B); UVA memiliki gelombang paparan yang lebih panjang dibandingkan UVB, dan biasanya bertanggung jawab atas tanda-tanda penuaan dini.

Sementara UVB memiliki gelombang paparan lebih pendek dan menyebabkan terjadinya kulit terbakar (sunburn) dan juga yang menyebabkan terjadinya kanker kulit termasuk malignant melanoma pada kulit.

Jadi kalau sunscreen yang kamu pakai tidak ada klaim broad spectrum, maka biasanya sunscreen tersebut hanya bekerja untuk melindungi kulit dari sinar UVB saja, yaitu mencegah kulit terbakar.

Perlu diketahui juga bahwa perlindungan sunscreen tidaklah sempurna, tidak peduli seberapa tinggi SPF dari sunscreen, kamu harus tetap ingat untuk sebisa mungkin selalu berlindung dari paparan sinar matahari langsung.

Gunakan pakaian yang menutupi kulit atau gunakan protektor seperti payung dan kacamata hitam. Jadi mulai sekarang jangan lupa memakai sunscreen ya untuk melindungi kulit kalian agar senantiasa sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Ingat kulit kalian cuma satu, jadi rawat dan lindungi dengan baik.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button