FriendshipRelationship

Tips dan Trik Menemukan Sahabat Baik dalam Hidup

Memiliki dan menjaga persahabatan dengan orang lain lebih seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama buat kamu yang sudah berusia dewasa dimana tuntutan kehidupan sehari-hari yang banyak menyita waktu.

Mungkin juga banyak dari kamu yang boro-boro menjaga persahabatan, memiliki seseorang yang bisa dibilang sahabat saja tidak. Mungkin juga kamu tidak peduli apakah memiliki sahabat penting dalam hidupmu, namun untuk kamu yang peduli, yang menginginkan seorang teman yang dapat diajak bicara dan berbagi pengalaman, masalah, dan kesenangan.

Berikut adalah 4 tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menemukan sahabat dan sekaligus menjaga persahabatan tetap terjalin dengan baik:

Kejar Minat dan Hobi

Banyak pertemanan dilandasi kecocokan pribadi satu sama lain, terlepas dari minat dan hobi yang dimiliki masing-masing individual. Meskipun setiap individu tidak menyukai semua hal yang sama, namun memiliki persamaan dalam minat dan hobi dapat membantu memberikan landasan untuk memulai persahabatan.

Mencari teman baru seringkali bisa sesederhana menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang kamu sukai, misalnya dengan bergabung dengan komunitas hobi seperti seni, olahraga, dan lain sebagainya.

Jika hobi yang kamu miliki saat ini tidak melibatkan banyak sosialisasi, pertimbangkan untuk memiliki hobi baru yang memberikan kesempatan untuk bertemu orang baru.

Lakukan Langkah Pertama

Setiap persahabatan selalu dimulai dengan usaha salah satu pihak yang disambut baik oleh pihak yang lain. Kamu mungkin memiliki banyak teman atau kenalan dalam kehidupan sehari-harimu seperti misalnya di kantor atau bahkan tetanggamu. Namun mereka seringkali hanya akan menjadi sekedar teman kantor atau tetangga, dan bukan teman baik atau sahabat.

Persahabatan dapat terjalin dengan menghabiskan waktu lebih banyak dan berusaha mengenal pribadi satu sama lain lebih dalam. Sebagai langkah pertama, cobalah mengajak temanmu untuk ngopi bareng atau makan siang bersama, dan selipkan topik pembicaraan diluar kesamaan yang kalian miliki; misalnya jika ia adalah teman kantor, maka pembicaraan diluar urusan kantor adalah awal yang bagus untuk memulai pertemanan.

Jaga Hubungan

Ketika pertemanan sudah terbangun, maka salah satu atau kedua belah pihak harus mau berusaha untuk mempertahankan jalinan pertemanan agar tetap hidup, dengan cara:

  • Ajak untuk bertemu sesekali diluar kesibukan yang kamu miliki.
  • Sesekali menelfon atau mengirim pesan via whatsapp atau DM sosial media, walaupun tidak penting seperti menanyakan kabar atau memberikan tanggapan pada postingan mereka di sosial media.
  • Dengarkan jawaban mereka atas pertanyaan yang kamu berikan dan berikan tanggapan agar pembicaraan mengalir dan bukannya malah seperti interogasi.
  • Tanyakan apakah mereka memiliki masalah, dan kamu juga bisa menceritakan masalah yang sedang kamu hadapi sebagai awal untuk membangun kepercayaan.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang dapat mempertahankan pertemanan. Banyak orang kekurangan waktu dan energi emosional untuk memelihara banyak persahabatan dekat. Kamu tidak perlu merasa iri jika melihat seseorang terlihat memiliki banyak sahabat, terutama jika kamu tidak mengetahui sedalam apa hubungan pertemanan yang mereka miliki.

Fokuslah pada dirimu sendiri dan sahabatmu, karena pada akhirnya kualitas seorang sahabat jauh lebih penting dibandingkan jumlah teman yang kamu miliki.

Pilih dan Tahu Kapan Saatnya untuk Melepaskan

Persahabatan yang tidak sehat alias toxic dapat menyebabkan stres dan menjatuhkan seseorang. Pertimbangkan untuk meninggalkan suatu persahabatan yang tidak sehat seperti jika kamu merasa tidak diperlakukan dengan baik, kamu dimanipulasi, hanya kamu yang memberi dan tidak sebaliknya, dan lain sebagainya yang membuatmu sering tidak nyaman ketika bersama dengan teman atau sahabatmu ini.

Sepanjang kehidupanmu, kamu mungkin memiliki beberapa sahabat dekat, beberapa masih hadir dalam hidupmu, dan mungkin beberapa sahabat justru menghilang seiring dengan perkembangan dirimu sebagai seorang individu.

Baik atau buruk pengalaman yang kamu miliki bersama dengan sahabat, pastinya akan memberikan banyak pelajaran yang bisa kamu ambil hikmahnya.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button