BeautyBody

Bukan Hanya Wajah, Kulit Tubuh Juga Perlu Dirawat

Membicarakan skincare, yang terbersit dalam pikiran semua orang adalah perawatan kulit wajah saja, padahal merawat kulit tubuh juga penting sebagai bagian dari perawatan kulit.

Perawatan kulit bisa dibilang merupakan salah satu bentuk perawatan paling penting pada fisik luar kita. Kurangnya perhatian pada kulit dapat berpengaruh pada kesehatan tubuhmu sendiri. Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh manusia, karena letaknya diluar, maka kondisi kulit bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan di dalam tubuh. Beberapa kondisi kulit yang muncul bahkan bisa mengindikasikan adanya kanker dalam tubuh.

Kulit bekerja sebagai pertahanan utama garda depan untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, infeksi, dan penyakit tertentu, sehingga menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh dari ujung kepala sampai ujung kaki sangatlah penting.

3 Langkah Perawatan Tubuh Dasar

Cuma perlu lakukan 3 hal ini untuk mendapatkan kulit tubuh yang sehat dan terawat:

    • Mandi
      Mandi merupakan cara paling efektif untuk membersihkan permukaan kulitmu dari kotoran, debu, keringat, parfum, losion, tabir surya, dan lain sebagainya setelah beraktifitas di dalam maupun luar ruangan.Kulit yang bersih akan mempermudah produk perawatan kulit yang kamu pakai dapat menyerap sempurna, sehingga dapat memberikan manfaat yang diinginkan. Pastikan untuk menggunakan produk yang lembut dan aman agar tidak merusak lapisan jaringan kulit.
    • Eksfoliasi
      Eksfoliasi kulit memiliki tujuan untuk membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan mengembalikan kehalusan kulit. Eksfoliasi dapat dilakukan 1 -2 kali dalam seminggu dengan menggunakan produk seperti scrub.Pilihlah scrub yang memiliki butiran lembut dan mengandung bahan-bahan yang aman dan bermanfaat. Ingat untuk tidak menggosok terlalu kuat karena dapat membuat micro scars (luka yang sangat kecil, tidak terlihat mata telanjang) pada kulit.

      Mencukur bulu atau rambut yang terus tumbuh panjang pada kulit juga merupakan bentuk perawatan eksfoliasi. Rambut pada tubuh memang memiliki fungsi melindungi bagian-bagian tubuh yang memiliki kulit yang tipis. Namun, apabila tidak dijaga kebersihannya dan dirawat, maka bulu atau rambut tersebut dapat menjadi sarang kuman dan bakteri yang melah dapat berbalik menyerang bagian kulit dan organ yang mereka lindungi.

    • Hidrasi
      Sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit, baik dari luar maupun dari dalam. Gunakan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan pelembab, sementara untuk perawatan dari dalam, minum dan menjalankan gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit.Kulit yang kering, hingga bersisik atau pecah-pecah dapat memudahkan bakteri dan kuman untuk masuk ke dalam tubuh lewat pori-pori yang terbuka. Untuk itu, jaga agar tubuh selalu mendapatkan kelembapan yang cukup.

Kesibukan yang dimiliki membuat kita terkadang merasa tidak punya waktu untuk merawat kulit. Namun, tubuh dan kulit yang sehat dapat mengurangi satu masalah yang tidak perlu ada jika rajin dirawat. Merawat tubuh tidak akan menghabiskan waktu lama, untuk itu sempatkanlah.

Konsistensi pada perawatan kulit tidak akan lebih mudah dilakukan dibandingkan ketika merawat kulit yang bermasalah. Jadi please jangan malas-malas.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button