BeautyFace

Kenali Tipe Kulit Wajahmu

Dua Metode ini Dapat Membantu Menentukan Tipe Kulit Wajahmu

Buat kamu yang ingin memulai rutinitas perawatan kulit, terutama kulit wajah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengidentifikasi tipe kulit wajah kamu. Alasan sederhana kenapa kamu harus mengetahui tipe kulit wajah sendiri adalah supaya tidak salah dalam memilih produk skincare dalam rutinitas sehari-hari kamu.

Kesalahan dalam menentukan tipe kulit wajah dapat menjadi masalah karena setiap produk memiliki formula yang berbeda-beda untuk setiap tipe kulit wajah. Mungkin ada saja orang yang memiliki kulit ‘badak’ alias memakai sembarang skincare yang tidak tepat tidak akan memberikan efek buruk pada kulit, namun tentunya skincare yang digunakan juga tidak dapat bekerja secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang diingankan.

Lalu bagaimana kalau ternyata kamu memiliki kulit yang sensitif atau mudah berjerawat akibat salah memakai produk skincare yang tidak sesuai dengan tipe kulitmu. Percayalah memperbaiki kulit yang bermasalah akan jauh lebih sulit dilakukan dibandingkan menjaganya.

Secara umum terdapat 5 macam tipe kulit, yaitu tipe kulit normal, berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif. Menentukan tipe kulit wajah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan berkonsultasi ke dermatologis atau Dokter kulit terdekat, dimana kamu bisa memastikan tipe kulit kamu dan produk apa yang kamu butuhkan.

Tapi, untuk kamu yang tidak mau pergi ke dermatologis dengan berbagai alasan, maka terdapat dua metode mudah yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

Metode Menentukan Tipe Kulit Wajah

Berikut adalah dua metode mudah yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah untuk membantu kamu menentukan tipe kulit wajahmu:

The Bare-Faced Method

 

Pada metode ini kamu diminta untuk membersihkan wajah kamu menggunakan cleanser atau pembersih wajah secara seksama. Setelah mengeringkan wajah, diamkan tanpa menggunakan produk skincare apapun dan tunggu hingga 30 menit.
Setelah 30 menit, periksa keadaan kulitmu dengan menggunakan cermin, dan buatlah berbagai macam ekspresi wajah.

tipe-kulit-wajah

  • Jika pada saat bercermin seluruh kulit wajah kamu terasa kencang seperti ketarik, maka lebih besar kemungkinan kamu memiliki kulit kering.
  • Jika kulit kamu terlihat mengkilap pada daerah T-Zone, kemungkinan kamu memiliki tipe kulit normal atau kombinasi.
  • Namun jika seluruh wajahmu mengkilap, pada area pipi dan T-Zone, maka kamu memiliki tipe kulit berminyak.

The Blotting Sheet Method

Metode ini merupakan cara lebih cepat dan lebih mudah mendapatkan hasil yang jelas dibandingkan dengan The Bare-Faced Method.

  1. Siapkan blotting paper atau kertas minyak.
  2. Tempelkan pada area wajah yang berbeda (pipi, dahi, hidung, dagu).
  3. Angkat, dan perhatikan minyak yang terkumpul pada blotting paper atau kertas minyak dibawah terang lampu.

Perhatikan minyak yang terkumpul pada blotting paper atau kertas minyak, dan ini kesimpulannya:

  • Jika pada semua blotting paper atau kertas minyak terdapat sedikit sekali minyak atau bahkan kering alias tidak ada bekas minyak sama sekali, maka kamu memiliki tipe kulit kering
  • Jika pada blotting paper atau kertas minyak yang kamu letakkan di daerah T-Zone memiliki bekas minyak, namun pada area pipi kering atau sedikit sekali minyak, maka kamu memiliki tipe kulit kombinasi.
  • Jika pada blotting paper atau kertas minyak yang kamu letakkan di daerah T-Zone dan area pipi memiliki bekas minyak, tidak banyak, tapi juga tidak sedikit atau bahkan kering, maka kamu memiliki tipe kulit normal.
  • Jika pada blotting paper atau kertas minyak yang kamu letakkan di daerah T-Zone dan area pipi dipenuhi dengan bekas minyak, maka kamu memiliki tipe kulit berminyak.

Metode diatas memang cuma dapat digunakan untuk mengidentifikasi 4 jenis tipe kulit. Untuk mengetahui apakah kamu memiliki tipe kulit sensitif atau tidak tentunya tidak semudah itu dilakukan seperti 2 metode di atas. Namun, pemilik kulit sensitif sudah pasti juga memiliki salah satu dari empat tipe kulit di atas.

Dengan mengetahui tipe kulit kamu lewat tes sederahana sepeti di atas, maka itu seharusnya dapat membantu kamu untuk setidaknya memilih produk skincare yang tepat.

Perlu diingat bahwa perjalanan mencari produk skincare yang cocok denganmu adalah perjalanan yang panjang dan sangat pribadi sifatnya karena setiap kulit orang itu unik dan memiliki ciri khas masing-masing.

Ingat untuk selalu membaca kandungan yang terdapat dalam suatu produk, baca dan cari tahu manfaat dan efek buruk dari suatu bahan, dan perhatikan baik-baik reaksi suatu produk pada kulit kamu; apa produk tersebut membuat kulit kamu lebih baik, lebih buruk, atau tidak ada reaksi atau perubahan sama sekali.

Jika kamu adalah seorang pemula dalam dunia perskincare-an, maka mulai dari dasar dan jadikan rutinitas kamu selama minimal 3-6 bulan sebelum berlanjut mencoba produk-produk level tinggi (advanced) seperti serum wajah.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button