Hobbies & ActivitiesLifestyle

Tau Nggak, Punya Hobi itu Bikin Sehat Loh!

Dijaman sekarang, selain mudah mendapatkan penghasilan lewat hobi dan aktivitas favorit, ternyata memiliki hobi juga bermanfaat terhadap kesehatan loh!

Kamu pasti sudah tau bahwa menjalankan gaya hidup sehat dapat menambah umur panjang dan kualitas hidup, tetapi suatu penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa berpartisipasi dalam suatu aktivitas alias memiliki hobi dan tetap aktif secara sosial juga mendukung faktor kesehatan tubuh.

Hobi dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental dengan memberi kamu ruang untuk menghabiskan waktu dan energi yang ada. Menjalani hobi tidak hanya sekedar menghabiskan waktu luang dan memberikan kesenangan, tetapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa alasan hobi mempengaruhi kesehatan:

Hobi Mengurangi Tingkat Stres

Penelitian menunjukkan bahwa berpartisipasi dalam hobi dan kegiatan santai dapat menurunkan detak jantung, membawa ketenangan, dan mengurangi tekanan stres yang berdampak negatif.

Menjalankan hobi memiliki reaksi positif pada diri kita jika berhadapan dengan situasi yang menghadirkan tantangan, baik itu tantangan yang menyenangkan, atau tantangan yang lebih. Melakukan kegiatan yang menghasilkan reaksi positif dapat memotivasi dan memfokuskan energi kamu, sehingga dapat memberikan insentif untuk menyelesaikan kewajibanmu.

Hobi Meningkatkan Mobilitas dan Fleksibilitas

Berpartisipasi dalam hobi yang membutuhkan aktivitas fisik dapat membantu menjaga anggota tubuh dapat bergerak dengan benar dan sesuai dengan kemauan. Kegiatan seperti golf, aerobik air, berenang, berjalan, dan yoga dapat membantu meregangkan otot, meningkatkan fleksibilitas, dan menjaga koordinasi mata dan tangan. Selain itu, hobi yang mendorong aktivitas fisik dapat mencegah penyakit atau kondisi kesehatan seperti radang sendi.

Hobi dapat Meningkatkan Harga Diri

Hobi secara psikologis dapat meningkatkan mood. Berpartisipasi dalam kegiatan yang kamu sukai dapat mengarahkan rasa percaya diri dan pikiran yang positif, karena meningkatnya kadar endorfin dan dopamin dalam tubuh. Berkomunikasi dalam suatu komunitas yang memiliki hobi yang sama dapat membantu memotivasi pikiran dan secara signifikan mengurangi perasaan sedih dan menangkal depresi.

Sangat penting untuk memilih kegiatan yang menyenangkan, aman, dan sesuai dengan mobilitas kamu. Berikut adalah daftar hobi yang dapat memicu minat buat kamu yang merasa tidak memiliki hobi atau ketertarikan melakukan sesuatu, dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan:

  • Membuat video/film
  • Menulis
  • Bernyanyi atau bergabung dengan paduan suara
  • Berenang/aerobik air
  • Menari
  • Berkebun
  • Olahraga
  • Mengerjakan puzzle
  • Baking kue atau roti
  • Fotografi
  • dan lain sebagainya.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button