BeautyHair

Kenali Jenis Rambutmu

Beda Jenis Rambut, Beda Perawatan

Beberapa orang dapat dengan mudah menentukan jenis rambutnya secara umum, namun tentunya banyak juga yang tidak tahu jenis rambut mereka lebih khususnya lagi.

Pentingnya Mengetahui Jenis Rambut

Sebagai wanita, rambut jelas merupakan salah satu hal penting yang dapat menunjang penampilan secara keseluruhan. Memiliki rambut yang indah, sehat, dan bervolume tentunya adalah dambaan setiap wanita.

Memiliki rambut yang sehat memerlukan usaha dan perawatan yang tepat. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetahui jenis rambutmu secara tepat. Dengan mengetahui jenis rambut secara tepat, kamu akan tahu produk yang dapat kamu gunakan, bagaimana merawatnya, dan tentunya memilih potongan rambut yang tepat.

Tentunya sekarang banyak teknik untuk mengubah jenis rambut sesuai keinginanmu, namun proses perubahan ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tidak permanen (dalam artian rambut yang baru tumbuh akan tumbuh sesuai jenis rambut aslimu), dan perawatan lebih untuk menjaganya agar tetap sehat.

Kenali Jenis Rambut, Cara Perawatan dan Tatanan Rambut yang Sesuai

Berikut adalah 4 jenis rambut secara umum seperti dilansir oleh skinkraft, dimana masing-masing jenis terbagi lagi menjadi 3 tipe.


Jenis Rambut Lurus (Straight Hair)

Rambut jenis ini biasanya memiliki tekstur yang lembut, halus, dan ‘jatuh’. Jenis rambut ini memiliki sekresi minyak yang tinggi, sehingga mudah lepek. Untuk yang memiliki tipe rambut ini ada baiknya untuk menghindari serum yang berat.

Walaupun waktu keramas adalah tergantung tipe rambut, kulit kepala, dan kebutuhan, namun ada baiknya mencuci rambut 2-3 hari sekali agar tidak menghasilkan minyak lebih banyak. Tipe rambut ini juga cocok banget memakai dry shampoo agar rambut pada hari tidak keramas akan tetap bervolume.

straight-hair

Tipe rambut lurus:

  • 1A: Rambut lurus tipe ini memiliki tekstur sangat halus, lembut, dan berkilau. Namun rambut ini biasanya terlihat sangat jatuh dan kurangnya bervolume. Karena kurangnya volume, untuk kamu yang memiliki tipe rambut ini potongan rambut dengan layer dapat memberi kesan lebih bervolume.
  • 1B: Tipe ini memiliki batang rambut yang lebih tebal sedikit dibanding tipe 1A dan lebih bervolume. Rambut tipe ini sangat cocok untuk berbagai macam style, dan paling mudah dicepol sesuai keinginan.
  • 1C: Ini adalah tipe rambut lurus yang memilki tekstur paling kasar dengan batang rambut yang tebal. Untuk kamu yang memiliki tipe rambut ini kamu bisa memilih potongan layer atau dipotong pendek karena umumnya tipe ini memiliki rambut yang terasa dan terlihat berat.

Jenis Rambut Bergelombang (Wavy Hair)

Rambut bergelombang adalah percampuran rambut lurus dan keriting. Biasanya memiliki jenis lurus dari kulit kepala, kemudian terdapat tekstur bergelombang pada ujungnya. Gelombang biasanya berbentuk seperti huruf S.

wavy-hair

Tipe rambut bergelombang:

  • 2A: Tipe rambut ini biasanya berjenis lurus dari kepala sampai garis mata. Dari garis mata sampai ujung rambut, biasanya sedikit bergelombang dan jatuh. Tipe ini memiliki batang rambut yang tipis. Gunakan produk berbasis gel untuk memunculkan gelombang rambut agar lebih jelas dan bertekstur.
  • 2B: Sama dengan tipe 2A, namun batang rambut lebih tebal dan lebih bergelombang dari garis mata hingga ujung rambut. Gelombang pada tipe rambut ini lebih rapat, namun tidak sampai keriting. Jika ingin mewarnai rambut, kamu bisa menggunakan teknik balayage pada area rambut yang bergelombang untuk penampilan lebih stylish.
  • 2C: Tipe rambut ini gelombang rambut ini dimulai dari kepala. Biasanya tipe rambut ini memiliki gelombang lebih rapat dan tidak beraturan, batang rambut juga tebal. Rambut akan terlihat lebih frizzy, sehingga jika kamu memiliki tipe rambut ini, hati-hati dalam memilih alat styling, karena panas dari alat styling dapat mengakibatkan rambutmu malah terlihat semakin frizzy.

Jenis Rambut Ikal (Curly Hair)

Helai rambut jenis ini memiliki pola S yang lebih rapat, dan lebih sulit untuk diluruskan dengan alat styling, dan bahkan efek catokan pada rambut dekat kulit kepala dapat mudah hilang apabila kulit kepala berminyak. Rambut ini juga memiliki tekstur frizzy dan mudah kusut.

curly-hair

Tipe rambut ikal:

  • 3A: Tipe rambut keriting ini memiliki pola S yang lebih lepas dan longgar. Untuk mempertahankan tekstur ikal rambut, ada baiknya untuk tidak menyisir rambut terlalu kasar. Untuk tampilan sehari-hari yang simpel namun tetap rapih, kamu bisa menguncir kuda rambutmu.
  • 3B: Tipe rambut ini memiliki batang rambut yang lebih tebal dan biasanya kurang lembab. Kamu dapat menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan yang berguna untuk menambahkan kelembapan seperti lidah buaya (aloe vera), shea butter, dan lain sebagainya. Sebaiknya juga hindari produk dengan bahan seperti sulfates dan silicon karena dapat mengurangi kelembapan.
  • 3C: Tipe rambut ini memiliki pola ikal sangat rapat dan bahkan dapat melingkar dengan sempurna. Untuk kamu yang memiliki tipe rambut ini ada baiknya kamu tidak skip penggunaan kondisioner untuk mengurai rambut yang saling bertautan. Tipe rambut ini juga rentan patah, sehingga kamu harus hati-hati menanganinya.

Jenis Rambut Keriting (Coily Hair)

Rambut keriting memiliki pola Z. Jenis rambut ini dapat terlihat kasar dan kusut karena pola ikal yang ketat. Selain itu juga tipe rambut ini rentan terhadap kerusakan.

coily-hair

Tipe rambut keriting:

  • 4A: Rambut keriting tipe 4A adalah jenis rambut yang halus dan membutuhkan banyak pelembab. Kamu yang memiliki tipe rambut ini disarankan untuk menggunakan masker rambut dan vitamin rambut berbentuk krim untuk menjaga rambut tetap sehat. Jika bisa, hindari untuk mengepang rambut.
  • 4B: Jenis rambut ini mengikuti pola zig-zag dan rentan kusut. Jika memiliki tipe rambut ini, disarankan untuk memakai leave-in conditioner setelah keramas dan sisir rambut dengan lembut untuk memisahkan bagian-bagiannya. Perawatan ini untuk memastikan bahwa rambut kamu akan mendapatkan kelembapan yang dibutuhkannya.
  • 4C: Tipe rambut ini memiliki ikal yang sangat ketat dan rapuh. Kamu dapat menggunakan produk perawatan berbasis minyak (oil), mengandung shea butter, dan masker untuk menjaga helaian rambut tetap lembap. Perlu juga untuk menghindari menyisir rambut dengan kasar.

Itulah sekilas mengenai tipe rambut. Pada artikel selanjutnya, kita akan bahas lagi lebih dalam mengenai masing-masing tipe rambut. Just remember, “Life is short. You might as well live it with really great hair” -Anonymous. Jadi rawat selalu rambutmu! ♥

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button