BeautyFace

Apa itu Sunscreen

Dan Kenapa Memakai Sunscreen Wajib Dilakukan!

Banyak dari kamu yang sudah mengetahui pentingnya menggunakan sunscreen atau tabir surya dalam rutinitas perawatan wajah sehari-hari. Bahkan, sunscreen bisa dibilang merupakan satu-satunya skincare wajib yang tidak boleh dilewatkan walau hanya satu hari, walau kalian hanya di rumah saja.

Nah, untuk kalian yang belum mengetahui seberapa pentingnya menggunakan sunscreen mungkin bertanya-tanya apa gunanya, harganya mahal, harus banget pakai? kulitku baik-baik saja selama ini tanpa memakai sunscreen.

Pada dasarnya kulit kita bekerja untuk melindungi kita dari efek buruk sinar matahari, namun itu saja tidak cukup. Kulit kita membutuhkan bantuan tambahan untuk memaksimalkan proses perlindungan itu sendiri. Disinilah tugas sunscreen yang memiliki peran strategis dalam perlindungan kulit.

Siapa saja yang wajib memakai sunscreen?

Jawaban singkatnya, semua orang wajib memakai sunscreen! Pria, wanita, bahkan bayi berumur 6 bulan sudah harus memakai sunscreen setiap hari. Perlu diingat bahwa bayi dibawah umur 6 bulan tidak disarankan untuk dipakaikan sunscreen karena kulit mereka yang masih sensitif.

Kapan harus memakai sunscreen?

Setiap hari! Cara paling efektif adalah dengan menggunakan sunscreen minimal 15-30 menit sebelum beraktifitas di luar rumah agar sunscreen dapat menyerap dengan sempurna pada permukaan kulit. Juga sangat disarankan untuk memakai ulang sunscreen setiap dua jam jika berada di luar ruangan, terutama jika beraktifitas yang menyebabkan kamu berkeringat, dan olahraga seperti berenang, karena keringat dan air dapat mengurangi efektifitas kerja sunscreen.

Bagian tubuh mana saja yang harus dioleskan sunscreen?

Para ahli dermatologis merekomendasikan untuk memakai sunscreen ke seluruh badan. Namun minimal kamu harus memakai sunscreen pada seluruh bagian tubuh yang terbuka (tidak tertutup pakaian).

Berapa banyak sunscreen harus dipakai dalam sekali oles?

Untuk mendapatkan perlindungan yang sempurna dari pengunaan sunscreen, diperlukan sunscreen sepanjang 2 jari penuh hanya untuk wajah, dan diperlukan satu gelas shot penuh untuk digunakan ke seluruh badan. Kapasitas tersebut berlaku untuk satu kali pakai.

Ada berapa macam tipe sunscreen dan sebaiknya memakai sunscreen tipe apa?

Terdapat dua macam tipe sunscreen yang dapat kamu gunakan:

Physical Sunscreen atau Mineral Sunscreen

Sunscreen tipe physical atau mineral biasanya mengandung bahan mineral berupa titanium dioxide dan zinc oxide. Sunscreen tipe ini bekerja dengan cara memantulkan balik sinar UV sebelum kulit tubuh dapat menyerapnya.

Chemical Sunscreen

Sunscreen jenis ini biasanya mengandung bahan seperti avobenzone dan octisalate. Suncreen ini bekerja dengan cara menyerap sinar UV sebelum bisa masuk ke dalam jaringan kulit dan merusaknya.

Apa yang dimaksud dengan SPF dan apa artinya SPF 15, 30, 50?

SPF merupakan singakatan dari Sun Protection Factor. Angka setelah huruf SPF berarti berapa lama sunscreen dapat bekerja secara efektif melindungi kulit kamu, dibandingkan dengan jika kamu tidak memakai sunscreen sama sekali.

Tentunya semakin tinggi nilai SPF dalam sunscreen maka makin mahal juga harganya. Jika kamu tidak harus beraktifitas di luar ruangan, maka penggunaan sunscreen SPF 15 sudah cukup. Namun jika banyak beraktifitas di luar ruangan, terutama di daerah atau tempat yang banyak kena sinar matahari, maka kamu harus memakai sunscreen minimal yang memiliki SPF 30 atau lebih.

Namun perlu diingat, tidak peduli seberapa tinggi SPF yang kamu gunakan, memakai ulang sunscreen setiap 2 jam merupakan hal krusial yang harus kamu lakukan. Selain itu gunakan sunscreen sebanyak yang direkomendasikan di atas agar sunscreen dapat mengerjakan tugasnya dengan baik.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button