FamilyRelationship

Membangun Hubungan dengan Keluarga

Keluarga adalah sekumpulan manusia pertama yang kita kenal dan lihat sejak pertama kali membuka mata. Layaknya hubungan dengan orang lain, hubungan dengan keluarga juga perlu dibangun dengan usaha dan komunikasi.

Memiliki hubungan kuat dengan keluarga adalah salah satu hal yang kamu butuhkan untuk melawan segala rintangan dalam hidupmu. Tidak peduli bagaimana hari berjalan untuk kamu, bagaimana orang-orang lain memperlakukanmu, masalah yang kamu sedang hadapi, keberadaan dan senyum dari keluargamu dapat membantumu tetap seimbang.

Namun membangun koneksi, rasa percaya, dan dukungan dari keluarga bukanlah suatu hal yang mudah; rasa itu dibangun selama bertahun-tahun, kadang berhasil, kadang tidak. Namun keluarga tetaplah keluarga. Kamu tahu bahwa apapun yang terjadi keluarga akan selalu ada untuk satu sama lain.

Apa yang Dimaksud dengan Keluarga?

Sebuah keluarga merupakan orang-orang yang terkait satu sama lain dan berbagi ikatan emosional dan nilai-nilai yang sama. Sebuah keluarga dapat terjadi karena adanya proses kelahiran, pernikahan, dan adopsi.

Yang disebut keluarga inti adalah orangtua, saudara kandung, pasangan, anak-anak, orangtua tiri, dan saudara tiri . Sementara keluarga besar adalah anggota keluarga sedarah yang terkait denganmu, seperti kakek-nenek, sepupu, bibi & paman, keponakan, keponakan, dan lain sebagainya.

Sementara sahabat-sahabatmu yang sudah kamu anggap sebagai keluarga sendiri, secara teori tidak dapat dimasukkan ke dalam kriteria keluarga, namun menganggapnya demikian pun tidak salah juga.

Alasan Pentingnya Membangun Hubungan dengan Keluarga

Keluarga merupakan salah satu faktor yang penting dalam membangun pertumbuhan mental, kesejahteraan, dan stabilitas seseorang dalam hidupnya. Membangun hubungan yang baik dengan seluruh anggota keluarga dapat memberikan dampak sebagai berikut untuk para anggotanya, dimana memiliki hubungan keluarga yang kuat dapat:

    • Membuat semua anggota keluarga merasa aman dan terhubung antar satu sama lain.
    • Memberikan rasa aman dan nyaman dengan memiliki mereka pada saat mengalami masa-masa sulit dan bahkan membantu mengelola stres.
    • Memberikan perasaan aman, dilindungi, diterima, dan dicintai apa adanya, terlepas dari kekurangan kita.
    • Mengenalkan dan mengajarkan anak-anak tentang relationship. Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang sehat akan dapat membangun ikatan yang juga baik di luar rumah.
    • Mengajarkan bagaimana membangun kepercayaan pada orang lain karena sesama anggota keluarga berbagi pengalaman baik dan buruk yang dihadapi secara bersama-sama.
    • Membantu penyelesaian konflik agar dapat diaplikasikan ke dunia luar.
    • Membentuk mental yang kuat dan rasa percaya diri yang cukup

Sebagian besar orang akan setuju pentingnya keluarga di dalam hidup, namun banyak juga yang tidak menyadari pentingnya membangun ikatan keluarga. Dibutuhkan waktu, dedikasi dan kerja keras untuk membesarkan keluarga yang sukses dan bahagia.

Terkadang masalah dan perbedaan yang timbul adalah karena pola pikir dan miskomunikasi antar sesama anggota keluarga. Tidak mudah mengatasi semua perbedaan yang ada, namun selama semuanya masih mau berusaha, bukan tidak mungkin pada akhirnya semua akan bekerja sebagai suatu unit yang kuat dan sehat.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button