BeautyFragrance

Kenali Perbedaan Tipe Parfum agar Tidak Salah Membeli

Buat kamu yang menyukai wewangian dan selalu ingin tampil wangi, penting untuk dapat mengenali jenis-jenis parfum untuk dapat memilih wewangian yang cocok denganmu.

Ketika mencium suatu wangi parfum, wangi yang kamu cium dan ketika kamu pakai mungkin akan sedikit berbeda, wangi tersebut pun dapat tercium sedikit berbeda juga jika kamu mencium temanmu yang memakainya.

Ketika dipakai, bahan-bahan yang terkandung dalam parfum akan bercampur dengan wangi tubuhmu sendiri, sabun dan body lotion yang kamu pakai pun dapat mempengaruhi wangi setiap parfum. Itulah alasan mengapa orang-orang menyukai parfum yang berbeda-beda dan biasanya memang cocok-cocokan.

Mencium bau tertentu yang bercampur tepat dapat membangkitkan memori yang memiliki arti bagi seseorang, wangi parfum pun memiliki efek seperti itu. Banyak orang yang menggunakan parfum selama bertahun-tahun dan tidak menggantinya sehingga banyak yang mengidentikkan seseorang dengan bau parfum tertentu.

Memilih Parfum yang Tepat

Terdapat berbagai jenis parfum dengan campuran dan takaran dari bahan-bahan yang berbeda, sehingga menghasilkan wangi yang berbeda-beda juga. Untuk dapat memilih parfum yang tepat tentunya kamu harus membiasakan diri dengan menggunakan dan mencium berbagai jenis parfum yang tersedia di pasaran.

Kamu mungkin tertarik pada satu aroma tertentu, namun, untuk menikmati sepenuhnya dan menyesuaikan dengan kepriabadian dan aroma dasar tubuh, pengetahuan kamu tentang berbagai jenis parfum dapat membantumu untuk memilih varian yang tepat.

Jenis parfum yang berbeda tidak selalu mempengaruhi aroma atau kualitas produk secara keseluruhan; sebaliknya, mereka hanya menunjukkan konsentrasi minyak dalam parfum.

“Perfume is a mark of female identity and the final touch of her style.”

Christian Dior

Jenis Parfum yang Harus Kamu Ketahui

Secara umum, terdapat 5 jenis parfum. Jenis parfum ini dibedakan berdasarkan konsentrat minyak wangi yang terdapat dalam parfum. Parfum sendiri merupakan istilah wewangian dalam bahasa prancis. Prancis merupakan negara yang terkenal dengan industri parfumnya dan merupakan ‘rumah’ bagi beberapa wewangian paling terkenal di dunia, yang menguasai 30% penjualan parfum di seluruh dunia.

Jenis-jenis parfum yang kita kenal dan digunakan di seluruh dunia pun mengambil istilah dari bahasa prancis. Berikut adalah gambaran rinci tentang berbagai jenis parfum sebagai pandunan singkat untuk dapat membedakan karakteristik masing-masing jenis.

Parfum

Parfum adalah jenis parfum yang memiliki konsentrasi minyak wangi tertinggi, dan karena alasan inilah parfum tipe ini menjadi parfum yang dibandrol harga paling mahal dengan ukuran botol dan isi yang jauh lebih kecil. Parfum mengandung sekitar 15% sampai 40% konsentrasi minyak wangi, dan alasan inilah yang membuat wangi parfum lebih pekat, lebih kuat, dan memiliki tekstur seperti minyak, sehingga tipe parfum ini juga biasanya banyak dikenal sebagai perfume oil.

Jika kamu memiliki parfum jenis ini, kamu hanya perlu mengoleskannya pada beberapa titik nadi, seperti leher, pergelangan tangan, dan dada, maka dijamin wanginya akan bertahan dan menguar sepanjang hari. Aromanya yang lebih kuat dibanding jenis lain membuat parfum lebih mudah dikenali wanginya dibandingkan dengan jenis parfum lainnya.

Eau De Parfum

Eau de parfum atau biasa disebut sebagai EDP, memiliki konsentrasi minyak wangi 10% hingga 15%. Karena konsentrasi minyak yang lebih ringan, maka konsentrasi alkohol dan air akan lebih tinggi dibandingkan dengan parfum.

Meski konsentrasi minyak wangi hanya sekitar 10-15%, eau de parfum masih merupakan jenis parfum yang terbilang cukup kuat dan dapat bertahan di tubuh kamu selama 6 hingga 8 jam.

Eau De Toilette

Eau de toilette mengandung 4%-15% konsentrasi minyak wangi. EDT memiliki wangi yang lebih ringan dan biasanya disimpan dalam botol semprot karena konsentrasi minyak wanginya yang relatif lebih rendah dibandingkan kandungan alkohol dan air yang tinggi.

Parfum jenis EDT biasanya dapat bertahan selama 2 hingga 4 jam dari waktu pemakaian. Agar selalu wangi, untuk kamu yang menggunakan parfum jenis EDT, maka kamu menyemprotkan ulang setelah 4 jam. EDT sangat cocok dipakai untuk ke kantor, karena wanginya yang ringan tidak akan mengganggu atau membuat pusing orang-orang sekitar yang sensitif dengan bau.

Eau de Cologne

Pada awalnya parfum jenis eau de cologne diformulasikan untuk orang-orang yang menginginkan variasi yang lebih ringan lagi dari aroma wewangian tertentu. Namun seiring waktu, eau de cologne telah berkembang menjadi wewangian yang ditujukan untuk pria. Walaupun beberapa wewangian wanita juga sebenarnya banyak yang masih terdaftar sebagai eau de cologne.

Eau de cologne memiliki konsentrasi minyak wangi 2% hingga 5%. Walaupun lebih rendah dari EDT, namun Eau de cologne juga memiliki ketahanan selama 2 hingga 4 jam. Yang membedakan adalah kekuatan wanginya. Parfum jenis ini memiliki tekstur yang lebih encer dan ringan. Pilihan wangi pun biasanya lebih bervariasi, dan dibandrol dengan harga yang lebih murah.

Eau De Fraiche

Eau de fraiche adalah jenis parfum yang paling murah dan memiliki konsentrasi minyak wangi lebih sedikit, hanya sekitar 1% sampai 3%. Karena konsentrasi minyak wangi yang sangat ringan dan konsentrasi air dan alkohol yang tinggi, makanya eau de fraiche biasanya akan hilang dalam satu atau dua jam dan disimpan dalam botol semprot.

Tipe parfum ini sangat cocok digunakan setelah berolahraga atau saat bersantai di pantai karena wanginya yang sangat ringan, dan tentunya tidak sayang menyemprotkannya karena keringat dan sinar matahari dapat menghilangkan wangi parfum.

Tips Memilih Parfum

Perlu diketahui bahwa jenis parfum tertentu mungkin tidak lebih unggul atau berkualitas tinggi dibandingkan jenis yang lain. Misalnya, eau de parfum tidak selalu memiliki kualitas lebih tinggi dibandingkan eau de toilette.

Tentunya penggolongan parfum ini dibuat untuk tujuan patokan harga. Selalu ingat tujuan kamu ketika membeli dan memilih parfum; apakah parfum ini akan dipakai untuk ke kantor atau untuk pesta.

Ingat bahwa kualitas parfum tidak selalu ditentukan oleh jenis atau konsentrasi minyak wanginya. Kamu mungkin dapat menemukan eau de parfum berkualitas rendah atau eau de toilette yang memiliki kualitas lebih baik dibanding eau de parfum. Hal yang sama juga berlaku untuk semua jenis parfum lainnya. Oleh karena itu, panduan di atas hanya digunakan sebagai acuan pengetahuan sebelum kamu membeli parfum.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button