CultureLifestyle

Gaya Hidup Sehat untuk Kualitas Hidup Lebih Baik

Saat ini banyak sekali orang yang mengkampanyekan gaya hidup sehat atau healthy lifestyle, yang biasanya diasosiasikan dengan aktifitas seperti diet dan olahraga. Namun apa yang dimaksud dengan gaya hidup sehat?

Apa itu Gaya Hidup Sehat?

WHO (World Health Organization – Organisasi Kesehatan Dunia) mendefinisikan kesehatan sebagai suatu keadaan sejahtera pada fisik, mental, dan sosial, bukan hanya sekedar bebas dari penyakit. Lalu, pengertian hidup sehat adalah suatu langkah, tindakan, dan strategi yang dilakukan seseorang untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Sehingga gaya hidup sehat atau healthy lifestyle dapat diartikan sebagai cara untuk bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat dari pilihan menjalankan kehidupan demi kesehatan dengan cara yang cerdas untuk hari ini dan masa depan, bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga orang-orang sekitar.

Gaya hidup sehat bukan hanya soal diet dan olahraga. Semua aspek dalam diri seseorang harus bekerja secara harmonis untuk mencapai kesejahteraan, sehingga kamu perlu menciptakan kehidupan yang seimbang.

Contoh Gaya Hidup Sehat

Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk kesejahteraan diri secara keseluruhan:

Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Fisik

  • Diet seimbang dengan asupan nutrisi lengkap
  • Sehat secara fisik dengan olahraga teratur
  • Istirahat cukup
  • Manajemen stress yang baik

Gaya Hidup Sehat untuk Diberikan dan Diterima

  • Maaf
  • Cinta dan kasih sayang
  • Perasaan bahagia
  • Menjaga hubungan baik dengan diri sendiri dan orang lain

Gaya Hidup Sehat untuk Kesejahteraan Emosional / Kesehatan Mental

  • Memberi dukungan positif pada diri sendiri
  • Selalu berpikir positif
  • Menghargai diri sendiri

Gaya Hidup Sehat untuk Kesejahteraan Spiritual

  • Ketenangan batin
  • Mendalami kreativitas diri
  • Mendengarkan suara hati sendiri

Alasan Pentingnya Menjalani Gaya Hidup Sehat

Kita sibuk menjalani hidup dan menjalani hidup yang sibuk. Sementara menjaga kesehatan fisik dan mental bukan merupakan prioritas utama yang harus dilakukan. Banyak dari kita terjebak di zona nyaman yang memaklumi diri sendiri yang sudah lelah dengan kehidupan kita yang sibuk, dan menjalankan gaya hidup sehat dianggap menambah kesibukan yang sudah ada.

Padahal jika menjalani gaya hidup sehat sudah menjadi kebiasaan maka akan lebih mudah untuk dilakukan dan tidak akan dianggap sebagai beban. Jika terserang penyakit fisik atau mental justru adalah beban yang sebenarnya, karena seluruh aspek hidup kamu dapat terganggu.

Kesehatan fisik dan mental kamu tentunya sangat bergantung pada apa yang kamu lakukan setiap hari. Banyak dari kamu yang setelah menonton youtube atau membaca artikel mengenai gaya hidup sehat akan sangat termotivasi hingga melakukan semua hal sekaligus untuk mencapai hasil dari menjalani gaya hidup sehat.

Namun percayalah, 90% orang juga akan menyerah secepat itu dan kembali ke kebiasaan lama yang tidak sehat. Yang namanya gaya hidup adalah hal yang dilakukan secara berulang-ulang, terus menerus, mungkin hingga seumur hidup. Sama halnya seperti bernapas, kamu melakukannya sampai tidak sadar itu sudah menjadi kebiasaan dan bukan hal yang dipaksakan.

Cara sederhana namun efektif adalah dengan mengenalkan perubahan gaya hidup satu persatu dan lakukan secara perlahan. Misalnya kamu mau membiasakan diri untuk berolahraga, kamu bisa melakukannya seminggu sekali untuk awalnya. Lakukan secara konsisten selama dua bulan, lalu setelah itu kamu bisa menambah waktunya menjadi dua atau tiga kali dalam seminggu. Dua bulan berikutnya kamu bisa konsisten berolahraga dua sampai tiga kali seminggu, kamu bisa memulai diet seimbang, dan seterusnya.

Intinya, jadikan satu hal sebagai kebiasaan sebelum melakukan atau mengenalkan perubahan baru yang lain. Betul, dibutuhkan waktu yang lama untuk mengubah gaya hidup, dan mungkin akan berat pada awalnya, namun ketika sudah terbiasa, maka hal itu tidak lagi menjadi sebuah beban.

Ingat, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Dengan menjalani gaya hidup sehat kamu bisa berharap akan hidup secara optimal secara fisik dan mental. Dan ingat, sakit lebih mahal dibandingkan menjalani hidup sehat.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button