BeautyFace

Khusus Pemula! Perawatan Kulit Dasar yang Perlu Kamu Ketahui

Informasi ini ditujukan buat kamu yang ingin memulai perawatan kulit wajah, termasuk kamu yang malas melakukan perawatan tapi ingin memiliki kulit yang sehat dan bersih.

Banyak dari kita awalnya mengenal hal yang namanya perawatan wajah dari ibu kita sendiri. Di era sosial media saat ini banyak bermunculan beauty influencer di sosial media yang dengan senang hati memberikan berbagai informasi mengenai pentingnya melakukan perawatan wajah, review produk-produk skincare yang mereka pakai, kegunaannya, dan efeknya pada kulit wajah mereka, yang dapat menjadi pertimbangan bagi kita untuk memilih produk yang tepat.

Buat kamu yang mulai tertarik dan menyadari pentingnya melakukan perawatan kulit wajah gara-gara mengikuti influencer tertentu atau mengikuti teman-teman yang sudah melakukannya lebih dulu, mungkin akan merasa bingung dengan banyaknya produk yang beredar di pasaran yang menjanjikan berbagai macam hasil yang bisa didapatkan dari menggunakan produk tersebut.

Namun jangan khawatir, disini kita akan membahas perawatan kulit dasar yang dapat kamu lakukan sebagai newbie di dunia perskincare-an, dan produk apa saja yang bisa kamu gunakan sebagai permulaan.

Pentingnya Perawatan Wajah Sejak Dini

Menurut beberapa dermatologis, semakin dini kamu memulai untuk melakukan perawatan wajah, maka akan semakin baik dalam membentuk rutinitas harian dalam perawatan wajah. Para pakar ini berpendapat bahwa perawatan wajah dapat dimulai sejak umur 12 tahun.

Namun, tidak masalah jika kamu mulai melakukan perawatan wajah dari sekarang, di umur kamu yang tidak 12 lagi. Ingat, tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik.

Jika kamu berpikir bahwa merawat wajah itu mahal, kamu salah besar. Untuk para pemula dan banyak orang, termasuk yang sudah fasih dalam dunia perskincare-an, terkadang less is more, yaitu perawatan simpel asal dilakukan secara konsisten dapat memberikan hasil yang maksimal.

Intinya, perawatan wajah yang tepat dengan beberapa produk saja cukup membantu untuk memiliki kulit wajah yang bersih, sehat, terawat.

Pertama-tama tentunya kamu harus mengenal kulit wajah kamu, apakah kamu memiliki tipe kulit wajah normal, berminyak, kering, kombinasi, berjerawat, dan sebagainya. Setelah menentukan tipe kulit wajah, langkah selanjutnya adalah dengan memilih produk skincare yang ditujukan untuk tipe wajah kamu.

Perawatan Kulit Dasar untuk Pemula

Berikut adalah tipe produk yang harus kamu miliki untuk memulai rutinitas perawatan kulit dasarmu alias basic skincare routine:

Cleanser / Pembersih Wajah

Bersihkan wajah sehari 2x: pagi dan malam hari. Lakukan dengan seksama namun lembut, jangan menggosok kulit wajah dengan keras dan kuat, karena dapat merusak atau mengiritasi kulit.

Cuci mukamu minimal 30 detik, namun jangan lebih dari 1 menit. Kenapa, karena 30 detik adalah waktu yang cukup untuk membersihkan seluruh wajahmu tanpa membuatnya kering. Sementara jika kamu mencuci wajah lebih dari 1 menit kamu dapat menghilangkan banyak minyak yang dibutuhkan untuk keseimbangan kulit wajahmu.

Jadi kalau kamu memiliki kulit berminyak, kamu bisa membuat minyak tersebut “hilang” sementara, namun kulit kamu akan bereaksi dengan memproduksi minyak lebih banyak lagi. Begitupun jika kamu memiliki kulit kering, maka kulit kamu akan jadi semakin kering dan akan memicu pengelupasan kulit lebih parah.

Moisturizer / Pelembab Wajah

Pakai pelembab wajah sehari 2x: pagi dan malam hari setelah cuci muka. Setelah mengeringkan wajah, silahkan memakai pelembab untuk menjaga kelembabapan kulit kamu.

Beberapa brand membedakan antara pelembab yang dipakai untuk siang dan malam hari, dimana formula dan kekentalan krim memiliki konsistensi yang berbeda. Krim malam biasanya memiliki formula yang lebih kaya, dan lebih padat dibandingkan dengan krim siang.

Namun tidak masalah juga jika kamu memakai satu jenis pelembab yang dapat digunakan untuk siang maupun malam.

Sunscreen / Tabir Surya

Pakai sunscreen 1x di pagi hari setiap hari walaupun kamu hanya di rumah saja. Kecuali kamu tinggal di gua atau di bawah tanah dimana matahari tidak tembus, maka kamu boleh skip penggunaan sunscreen.

Pilih sunscreen minimal yang memiliki SPF 30, tidak dibawah itu untuk perlindungan optimal kulit dari radikal bebas. Perlu diingat juga bahwa kalau kamu memakai sunscreen sangat disarankan untuk melakukan metode double cleansing agar sisa-sisa sunscreen dapat terangkat dengan sempurna.

Itulah 3 produk yang dapat kamu gunakan untuk memulai rutinitas perawatan kulit dasar alias basic skincare routine. Tidak perlu banyak produk perawatan lainnya jika kamu belum bisa secara konsisten melakukan 3 langkah dasar tersebut, karena hanya akan membuang banyak uang dan tidak akan memberi hasil yang maksimal atau sesuai dengan ekspektasi kamu.

Setelah secara konsisten kamu menerapkan rutinitas ini dan menyadari bahwa kamu mungkin membutuhkan produk-produk perawatan lainnya, maka tambahkan satu per satu sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, tidak perlu langsung mencoba banyak produk baru dalam satu waktu. Ingat, less is more and consistency is key. Selamat memulai rutinitas baru kamu.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button