EntrepreneurWork Stuff

Kamu Harus Memiliki Karakter Ini untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Membangun bisnis sendiri memang merupakan praktik yang sudah lama dilakukan, namun keinginan untuk berbisnis telah menjadi semakin meningkat belakangan ini. Terutama sejak adanya pandemi yang melanda dunia global, dimana banyak orang kehilangan pekerjaannya.

Walaupun pendapatan terhenti, namun hidup dan kebutuhannya terus berjalan. Banyak orang mulai beralih menjadi wirausaha akibat ketidakpastian lapangan pekerjaan. Dengan perkembangan teknologi digital, sekarang semua orang dapat membangun bisnisnya sendiri.

Kewirausahaan telah lama didominasi oleh kaum pria. Namun di jaman sekarang, kesempatan dan keinginan untuk berwirausaha dapat dinilai setara. Kesadaran berwirausaha bukan hanya sekedar masalah gender lagi, namun usia pun telah menjadi salah satu faktor; dimana anak usia sekolah sudah memperlihatkan minat untuk melakukan bisnis.

7 Karakteristik Wirausaha Sukses

Jika kamu ingin mencoba berbisnis dan ingin sukses melakukannya, pertama-tama kamu harus memahami apa yang menjadikan seseorang menjadi pengusaha sukses. Menjadi pengusaha adalah tujuan, namun keinginan untuk itu muncul karena adanya passion (gairah) terhadap sesuatu yang mereka sukai.

Memiliki passion sangat penting untuk memulai suatu usaha atau bisnis. Orang yang memiliki passion pada bidang tertentu tidak akan pernah berhenti untuk belajar, mencari tahu, dan menggali lebih dalam mengenai bidang itu. Titik bosan dapat mungkin terjadi, namun mungkin juga tidak karena hal tersebut adalah hal yang menarik minat dan biasanya akan dilakukan sepenuh hati.

Kewirausahaan pada awalnya dibangun atas dasar passion, namun dengan risiko tinggi dan persaingan yang ada, untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses, paling tidak diperlukan beberapa karakterisktik individual sebagai pendukung kesuksesan. Berikut adalah 7 karakteristik yang dimiliki oleh pengusaha sukses:

Pengusaha Sukses Harus Tanggap / Cepat Beradaptasi

Pada awal memulai bisnis, seorang pengusaha sebaiknya turun tangan langsung pada segala aspek yang dijalankan perusahaan, terutama dalam menghadapi konsumen atau klien.

Berhadapan langsung dengan konsumen merupakan jalan yang paling cepat dan mudah untuk mendapatkan respon yang jujur terhadap bisnis yang dijalankan, seperti kualitas barang atau jasa yang ditawarkan, waktu pengiriman, kemungkinan pembelian ulang, dan lain sebagainya.

Semua bentuk feedback yang diberikan konsumen diharapkan dapat membantu seorang pengusaha untuk berkembang dan menjalani bisnisnya lebih baik untuk mendapatkan pangsa pasar lebih luas.

Pengusaha Sukses Harus Luwes

Banyak pengusaha yang berhasil menemukan formula tepat untuk membangun bisnisnya dan memberikan kepuasan bagi para pelanggannya. Namun, setiap formula harus terus berkembang seiring dengan waktu dan jaman. Pengusaha sukses biasanya cepat tanggap dalam membaca keinginan konsumen dan menyesuaikan dengan bisnisnya secara cepat.

Misalnya kamu pemilik toko pastry dengan restoran di dalamnya, maraknya sosial media membuatmu berpikir bahwa kamu bisa mendapatkan exposure dari postingan pelanggan kamu.

Salah satu caranya adalah dengan mengubah interior restoran kamu lebih instragramable. Itu adalah salah satu contoh cara yang bisa kamu terapkan agar bisnis kamu lebih dikenal oleh orang lain yang bukan pelanggan.

Pengusaha Sukses Harus Lihai dalam Hal Keuangan

Bisnis yang sukses tidak akan terjadi apabila tidak ada pengaturan keuangan yang baik. Sangat penting untuk melakukan pemisahan uang pribadi dan keuangan bisnis sejak awal.

Seluruh modal, pendapatan, pengeluaran, keuntungan harus tercatat dengan benar dan rapih agar kamu bisa melihat perkembangan bisnismu. Ingat untuk menggaji diri sendiri sesuai dengan kondisi keuangan usaha, mungkin pada awalnya tidak akan cukup.

Namun jika kamu menggabungkan keuangan pribadi dan usaha, maka ketika usaha tersebut gagal, maka kamu belum tentu memiliki dana cadangan untuk terus lanjut karena selalu digunakan untuk keperluan pribadi.

Pengusaha Sukses Harus Ulet

Menjalankan bisnis, tidak peduli seberapa banyak teori yang kamu hapalkan, adalah proses belajar yang terpisah. Tentunya setiap proses pembelajaran memiliki dinamikanya masing-masing.

Dalam bisnis kesulitan paling utama terletak pada masalah keuangan. Pengusaha yang sukses pun tidak lepas dari yang namanya kegagalan dan kesulitan, namun konsistensi dan keuletan yang dimilikinya membuatnya untuk terus maju dan tidak mudah menyerah.

Pengusaha Sukses Harus Fokus

Selalu ingat alasanmu memulai bisnis. Untuk menjadi pengusaha sukses kamu harus dapat menghilangkan keraguan dan ketakutan dalam menjalankan bisnismu. Tidak ada yang sempurna di dunia ini, dan melakukan kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Fokus pada bisnis adalah salah satu kunci untuk tetap konsisten dan berusaha.

Pengusaha Sukses Harus Memiliki Pengetahuan Bisnis

Pada dasarnya kamu harus sadar dan memiliki pengetahuan dasar berbisnis seperti keuangan, strategi, target pasar, kompetitor, kekuatan dan kelemahan bisnis kamu sendiri. Tujuannya adalah agar kamu bisa bermanuver dalam mencari solusi apabila terdapat masalah dalam menjalankan bisnismu.

Pengusaha Sukses Adalah Seorang Komunikator dan Negosiator

Menjadi seorang pengusaha kamu dipaksa untuk menjadi seorang komunikator dan negosiator yang baik. Keahlian komunikasi sangat penting dimiliki oleh pengusaha yang sukses, karena pengusaha harus berhadapan dengan calon investor, para pegawai yang dipekerjakan, negosiasi dengan vendor, dan lain sebagainya.

Itulah 7 karakteristik dasar yang harus dimiliki siapapun yang ingin memulai usaha atau bisnis. Tidak usah khawatir jika kamu merasa bahwa jika kamu tidak memiliki karakter tersebut, kamu merasa bahwa kamu tidak akan sukses.

Karakter tersebut dapat dibangun dan dibiasakan sehingga menjadi bagian dari dirimu. Setiap usaha pasti ada kalanya gagal, namun keinginan yang kuat untuk terus bertahan, belajar, dan maju tidak akan mengkhianati kesuksesan.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button