BeautyMakeup

Ini Dia Istilah Populer dalam Makeup yang Perlu Kamu Tahu!

Keingintahuan akan makeup muncul sejak kita masih kecil; mulai dari melihat Ibu memakainya. Seiring bertambahnya usia, ketertarikan untuk mengetahui lebih dalam soal makeup dapat semakin bertambah.

Di jaman sekarang, dimana informasi soal makeup bertebaran di seantero sosial media, akan mudah sekali mendapatkan informasi mengenai makeup.

Terdapat banyak sekali tutorial, produk, alat, dan teknik soal makeup yang bisa kamu temukan informasinya. Banyak dari kamu mungkin menonton video tutorial makeup di YouTube di mana makeup guru mengajarkan cara makeup untuk sehari-hari, untuk acara formal, untuk sekolah, dan lain sebagainya.

Tidak peduli kamu menonton video tutorial dari makeup guru lokal ataupun internasional; kamu akan menemukan banyak hal dari makeup akan disebut dalam bahasa Inggris.

Alasannya mungkin lebih kepada belum adanya padanan yang cocok dalam bahasa Indonesia, dan kalaupun ada, itupun biasanya akan berupa bahasa serapan, dimana hanya penulisannya saja yang berbeda, namun pengucapannya akan sama dengan bahasa asalnya.

Mungkin pada awalnya kamu akan merasa kebingungan, namun percayalah lama-kelamaan juga akan terbiasa, dan istilah-istilah tersebut akan terdengar normal. Setelah kamu familiar dengan produk dan alat makeup, maka selanjutnya adalah dengan mempelajari istilah-istilah yang umum digunakan dalam makeup

Istilah Umum yang Digunakan Makeup Guru

Berikut adalah istilah-istilah umum dalam dunia makeup yang perlu kamu ketahui:

Baking

Foto: mimiejay dengan perubahan desain

Apa itu baking dalam makeup? Dalam bahasa Inggris, tentunya “baking” memiliki arti memanggang kue. Namun dalam dunia Makeup, istilah ini pun digunakan untuk menyebutkan suatu teknik dalam aplikasi makeup. Baking adalah proses mengoleskan bedak transparan (translucent face powder) yang banyak ke beberapa titik di kulit wajah, setelah menggunakan concealer.

Untuk sementara wajah kamu akan terlihat cemong, tapi jangan khawatir, inilah tekniknya. Setelah bedak transparan dioleskan, makan kamu harus mendiamkannya di wajahmu selama beberapa menit. Disebut teknik baking karena prosesnya sama dengan memanggang; mendiamkan bedak transparan selama beberapa menit akan memungkinkan panas tubuh untuk “melelehkan” bedak ke dalam kulit, sehingga menciptakan hasil akhir yang sempurna.

Jika setelah beberapa menit, wajah masih terlihat cemong dengan bedak, maka sapukan kuas fan (kuas yang berbentuk kipas) atau kuas bedak yang besar, ke arah luar wajah untuk menghilangkan kelebihan bedak. Voila! wajah yang dibaking akan terlihat bersinar dan bebas minyak.

Blending

Foto: makeup dengan perubahan desain

Apa itu blending dalam makeup? Blending adalah suatu teknik untuk membaurkan produk makeup pada wajah untuk menghindari garis kasar, sehingga akhirnya mendapatkan tampilan gradien yang halus. Blending merupakan teknik yang sangat penting, dimana teknik ini dapat digunakan untuk banyak aplikasi makeup, mulai dari menggunakan produk seperti foundation, bronzer, highlighter, dan juga eyeshadow.

Cakey

Foto: fashionforfigure dengan perubahan desain

Apa itu cakey dalam makeup? Cakey merupakan istilah yang merujuk spesifik pada produk foundation, dimana hasil akhir atau setelah beberapa jam setelah pengaplikasian akan terlihat cakey; terlihat tebal, berat, dan terlihat makeupan banget, dengan tambahan makeup akhirnya tidak rata, terlihat mengelupas, atau terlihat sangat berminyak.

Cakey makeup dapat terjadi karena beberapa hal seperti terlalu banyak pengaplikasian produk, penggunaan produk yang kurang tepat, dan seringkali malah berkaitan dengan kondisi kulit kamu sendiri.

Walaupun masalah kulit dapat ditutup dengan makeup, namun seringkali malah bisa lebih terlihat atau lebih parah karena makeup. Untuk itu penting bagi kamu untuk tetap konsisten merawat wajah, dan jangan lupa untuk melakukan makeup prep dengan skincare untuk menghindari caking.

Contour

Foto: 100percentpure dengan perubahan desain

Apa itu contour dalam makeup? Contour atau contouring adalah salah satu istilah dari teknik makeup yang paling populer. Pada dasarnya contouring adalah teknik yang dilakukan untuk memberikan ilusi bentuk wajah yang berbeda, seperti memberikan ilusi tulang pipi yang lebih tinggi, hidung yang lebih kecil atau garis rahang yang lebih tajam.

Teknik contouring biasanya melibatkan produk seperti bronzer atau foundation, dan dipadu dengan highlighter. Bronzer atau foundationn yang digunakan biasanya memiliki warna yang lebih gelap satu atau dua tingkat di bawah warna kulit atau warna foundation normal kamu.

Kamu dapat mengaplikasikan bronzer atau foundation dan highlighter di beberapa area di wajahmu yang ingin ditonjolkan. Misalnya, jika kamu ingin hidungmu terlihat lebih mancung atau tinggi, maka aplikasikan bronzer atau foundation berwarna lebih gelap di bagian pinggir batang hidung, dan highlighter di bagian batang hidung tengah.

Jangan lupa untuk menggunakan teknik blending agar warna tersebut dapat berbaur dengan sempurna dengan bagian kulit wajah yang lainnya.

Dupe

Foto: glamour dengan perubahan desain

Apa itu dupe dalam makeup? Dupe dalam dunia makeup memiliki arti sebagai produk alternatif yang memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan produk kelas atas (high-end products). Dupe bukanlah produk palsu atau tiruan. Istilah ini banyak digunakan oleh makeup guru yang sering mencoba berbagai macam brand dari berbagai kelas dan harga.

Produk dupe seringkali memiliki kualitas yang sama atau bahkan lebih tinggi dibanding produk dari suatu high-end brand yang digunakan sebagai pembandingnya. Kedua produk yang dibandingkan, sehingga disebut dapat disebut dupe dari brand X, biasanya memiliki warna, konsistensi, dan tekstur yang lebih dari 90% memiliki kemiripan

Hitting Pan

Foto: UmmBabyBeauty dengan perubahan desain

Apa yang dimaksud dengan hitting pan dalam makeup? Meskipun ini bukan teknik makeup, ini adalah istilah makeup yang sering digunakan di komunitas kecantikan. Hitting pan berarti kamu telah menghabiskan sebagian besar produk makeup, sehingga bagian wadah makeup terlihat, biasanya akan berbentuk suatu lingkaran di tengah produk, dan sisa produk akan berada di sekitar lingkaran tersebut.

Tentunya istilah ini digunakan untuk produk makeup yang berbentuk bubuk, gel, atau, krim yang ditempatkan di wadah yang pendek, dimana permukaan seluruh produk dapat terlihat jelas.

Buat kamu yang memiliki banyak makeup dan sadar akan masa penggunaan suatu produk makeup, maka biasanya hal ini jarang terjadi, kecuali kamu benar-benar menyukai produk tersebut dan menggunakannya hampir setiap saat kamu ber-makeup.

Itulah 6 istilah yang umum digunakan di dalam dunia makeup yang perlu kamu ketahui. Semoga setelah membaca artikel ini, ketika menonton video tutorial makeup, kamu sudah dapat mulai mengerti apa yang dimaksud dengan kata-kata tersebut.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button