Work StuffWorking Life

Bingung, Mendingan Bisnis atau Kerja Kantoran?

Menurut kamu buah paling enak sedunia apa? Duren? Tapi ada banyak banget orang benci duren sama kayak rasa benci sama mantan pacar yang selingkuh. Komentar yang sama untuk pertanyaan pada judul.

Walaupun tujuannya sama, yaitu bekerja untuk menghasilkan pendapatan, setiap orang memiliki preferensi dan pertimbangan masing-masing dalam memilih cara untuk dapat menghasilkan pendapatan.

Perkembangan jaman saat ini membuat banyak orag mulai berpikir ulang untuk menghasilkan pendapatan. Banyak yang berpikir untuk menjalankan bisnis dibanding bekerja pada suatu perusahaan atau pemerintahan. Ini pun berlaku sebaliknya, dimana masing-masing orang memiliki alasan, perspektif, kesempatan, dan pilihan hidup yang berbeda-beda.

Tentu tidak ada yang salah dengan keduanya. Beberapa orang bahkan dapat melakukan keduanya dan menghasilkan pendapatan dari keduanya; bekerja nine-to-five, sambil bisnis diluar jam kerja tetapnya.

Namun perlu diingat bahwa kamu yang bekerja pada suatu instansi, memiliki kewajiban sekian jam kerja yang harus dipenuhi sehingga tidak memenuhi kewajibanmu dan malah sibuk berbisnis pun tidak dapat dibenarkan. Namun, jika kamu bisa menjalankan keduanya, tanpa merugikan salah satunya, maka silahkan lanjutkan.

Jika Harus Memilih, Mending Bisnis Sendiri atau Kerja di Perusahaan

Setiap tahun, selalu ada lulusan baru dari ribuan universitas yang ada di dunia, namun banyaknya lulusan yang ada, tidak berbanding lurus dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Bahkan masih banyak orang yang belum pernah bekerja setelah berapa tahun lulus. Sementara tuntutan dan kebutuhan hidup harus dipenuhi.

Tingginya tingkat persaingan dalam dunia kerja membuat banyak orang mencari alternatif untuk mendapatkan pemasukan; salah satunya adalah dengan memulai bisnis sendiri, atau menjadi pekerja lepas (self-employed).

Sebenarnya bisnis merupakan hal yang tidak jauh berbeda dengan bekerja di perusahaan. Berbisnis atau bekerja di perusahaan memiliki kesetaraan dalam banyak hal. Yang membedakan keduanya mungkin adalah masalah kebebasan, resiko, dan keuangan. Kalau masih bingung, tanyakan ini pada dirimu sendiri:

    • Apakah kamu lebih suka mengikuti arahan?
    • Apakah kamu lebih suka kehidupan yang teratur?
    • Apakah kamu lebih suka memiliki kestabilan finansial?
    • Apakah kamu gampang bingung dan nggak tau mau ngapain kalau tidak ada yang membimbing?
    • Apakah kebutuhan dasar selalu terpenuhi adalah hal penting bagimu?

Kalau kamu menjawab Ya pada setidaknya tiga dari lima pertanyaan di atas, mungkin kamu lebih cocok bekerja pada perusahaan.

Sebagai contoh, jika misalnya kamu adalah seorang istri sekaligus ibu, maka karena beberapa alasan kamu memutuskan bahwa lebih baik melakukan bisnis dari rumah. Namun, jika kamu merasa bahwa memiliki penghasilan tetap setiap bulan lebih penting untuk memenuhi kebutuhan hidup keluargamu, maka kamu bisa memilih untuk bekerja di perusahaan.

Baik berbisnis atau bekerja pada perusahaan, keduanya membutuhkan komitmen dan kerja keras agar mendapatkan peningkatan dalam hal keahlian dan pendapatan. Apapun pilihanmu, ingat untuk selalu melihat keadaan hidupmu dan dirimu sendiri sebelum memutuskan untuk menjadi pegawai, atau berbisnis, atau bahkan menjalankan keduanya.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button