Self EmployedWork Stuff

Apa itu Side Hustle?

Butuh Tambahan Income? Lakukan Side Hustle!

Banyak orang kesulitan mengatur keuangannya dengan baik, terutama bila sumber keuangan hanya datang dari satu pekerjaan saja. Namun ada sebuah cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa dicoba.

Salah satu cara terbaik untuk melunasi hutang lebih cepat, memiliki dan meningkatkan tabungan di rekening bank, atau membuat pengaturan keuanganan secara keseluruhan menjadi lebih baik lagi adalah dengan mendapatkan tambahan penghasilan, diluar penghasilan utama.

Salah satu cara termudah untuk menghasilkan pendapatan tambahan adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan atau dalam bahasa inggris disebut sebagai side hustle.

Apa Itu Side Hustle?

Side hustle atau pekerjaan sampingan adalah pekerjaan yang dapat dilakukan diluar pekerjaan utama. Orang biasanya mengambil atau melakukan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pekerjaan sampingan dapat dilakukan pada jangka waktu sementara maupun jangka panjang, tergantung kesempatan, kebutuhan, dan keinginanmu sendiri.

Selain penghasilan tambahan yang bisa kamu dapatkan, side hustle juga bisa dijadikan sarana untuk menyalurkan hobi kamu. Misalnya kamu hobi bikin kue, maka kamu bisa membuat kue untuk dijual; kamu bisa menjualnya kepada teman-teman di kantor, menawarkannya di sosial media dengan membuka PO, menjual kepada para tetangga, dan lain sebagainya.

Jualan kue inilah yang menjadi side hustle-mu. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan harian atau mingguan dari hasil penjualan kue-mu tersebut.

Berapa Banyak Uang yang Dapat Dihasilkan dari Pekerjaan Sampingan?

Berapa banyak uang yang dapat kamu peroleh dari pekerjaan sampingan tergantung pada:

  • Jenis pekerjaan yang dilakukan
  • Harga jual produk dan jasa yang kamu tawarkan
  • Tingkat pengalaman
  • Waktu yang dapat kamu dedikasikan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Beberapa side hustle yang dilakukan terkadang bisa menghasilkan lebih banyak dibandingkan gaji bulanan kamu, namun banyak juga yang hanya sekedar cukup untuk membantu satu hal dari sekian banyak pengeluaran rutin kamu.

Kapan Waktu untuk Melakukan Pekerjaan Sampingan?

Perlu diingat bahwa side hustle adalah pekerjaan sampingan diluar pekerjaan utama kamu di perusahaan atau bisnis kamu. Pekerjaan sampingan dilakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan, dan harus dilakukan diluar jam kerja yang sudah ditetapkan.

Kamu bisa mengerjakan side hustle-mu setelah jam kerja, pada akhir pekan, hari libur, atau ketika waktu cuti, kapan pun kamu mau meluangkan waktu diluar jam kerja utama, seperti jam makan siang.

Sangat penting untuk selalu ingat bahwa sumber pendapatan utamamu adalah pekerjaan utama dimana kamu memiliki kewajiban yang harus kamu penuhi. Jangan sampai pekerjaan sampinganmu membuatmu melupakan kewajibanmu di perusahaan atau bisnismu sendiri.

Bagaimana Memilih Pekerjaan Sampingan Terbaik?

Pertama-tama kamu harus menuliskan kapan saja kamu bisa dan mau meluangkan waktu untuk mengerjakan side hustle-mu. Setelah menemukan waktu yang tepat, hal selanjutnya adalah dengan mengisi pertanyaan di bawah ini:

  • Apa yang ingin kamu lakukan? berjualan produk atau jasa?
  • Apakah membutuhkan modal?
  • Berapa lama waktu pengerjaannya?
  • Apakah mudah atau sulit untuk memulainya? apakah peralatan untuk memulai pekerjaan sudah tersedia?
  • Potensi penghasilan, berapa harga jual, berapa keuntungan yang didapat?
  • Jika menjual produk, apa akan dijual lewat e-commerce, atau langsung ke customer?
  • Apakah perlu membuat PO atau barang ready setiap saat?

Setelah menjawab pertanyaan dasar di atas, hal selanjutnya adalah mempertimbangkan apakah pekerjaan tersebut dapat membantu, atau malah hanya menambah kelelahan saja. Tidak ada salahnya untuk mencoba memulai dulu, dan lihat apakah hal tersebut cukup membantu keuanganmu atau tidak.

Banyak orang yang melakukan side hustle untuk menambah penghasilan dengan berbagai alasan. Beberapa perusahaan tentunya memiliki peraturan dimana kamu tidak boleh bekerja di tempat lain dikarenakan alasan konflik kepentingan, dan itu benar.

Buat kamu yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik, memiliki pekerjaan sampingan dapat memengaruhi performance kamu terhadap pekerjaan kamu. Pastikan juga bahwa jika kamu mendapatkan pekerjaan dari seseorang.

Perlu diingat untuk pastikan bahwa pekerjaan tersebut tidak datang dari dalam satu industri dengan perusahaanmu karena dikhawatirkan adanya pertukaran informasi yang tentu saja ilegal.

Pilihlah side hustle yang sesuai dengan aman dan sesuai hobimu seperti berjualan makanan, menulis artikel populer atau cerita fiksi, melatih klub olahraga, mengajar alat musik, dan lain sebagainya.

Penting untuk diingat bahwa kamu harus selalu memastikan bahwa side hustle-mu tidak bertentangan dengan peraturan perusahaan, agar tidak timbul masalah ke depannya.

 

sign

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button