Self EmployedWork Stuff

5 Hal ini Wajib Dimiliki Para Freelancer

Cari tahu disini hal-hal dasar yang dibutuhkan untuk menjadi freelancer profesional

Situasi dunia yang tak menentu sejak pandemi menyerang dan merumahkan para karyawannya sejak 2019 selalu telah banyak mengubah mindset seseorang dalam mencari penghasilan. Beberapa tahun belakangan, dengan menjamurnya perusahaan startup membuat banyak orang mengubah pilihan orang-orang dalam bekerja juga.

Banyak orang memilih untuk menjadi pekerja lepas atau freelance karena fleksibilitas yang ditawarkan sambil tetap bisa mendapatkan penghasilan. Terlepas dari hal tersebut, sebagai freelancer, kamu harus tetap dapat tetap termotivasi, mengelola keuangan sendiri, mencari dan menemukan klien, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan sendiri. Sederhananya, menjadi freelancer tidak semudah kelihatannya.

Untungnya jaman sekarang banyak sekali aplikasi, website, dan informasi yang beredar di internet untuk membantu para pekerja lepas atau freelancer dapat memaksimalkan produktivitas dan kreativitas mereka.

Berikut adalah 5 hal yang dibutuhkan untuk para freelancer pemula, dan orang-orang yang ingin menjadi freelancer profesional:

1. Website dan Portofolio Pekerjaan

Menjadi wiraswasta seperti freelance baik itu sebagai penulis, desain web, fotografi, dan lain sebagainya memiliki website sendiri akan memposisikan kamu sebagai wiraswasta yang kredibel. Pada website tersebut kamu bisa menampilkan hasil karyamu sendiri sehingga calon klien dapat melihat contoh hasil pekerjaanmu.

Banyak penyedia website gratis untuk kamu gunakan seperti WordPress, Blogspot, Wix, Googlesite, dan lain sebagainya, namun berinvestasi di situs web dengan hosting dan nama domain sendiri yang membuat kamu terlihat lebih profesional dan “niat” dalam pekerjaan ini.

Jaman sekarang banyak layanan penyedian hosting dan website yang menawarkan harga murah dengan desain sesuai keinginan. Salah satunya adalah rbchosting.com yang membuat website ini.

2. Planner

Pada awal mula menjadi freelancer kamu mungkin masih bisa menghandle semuanya tanpa kesulitan, namun semakin banyak tawaran pekerjaan yang kamu dapat, menjaga agar semua hal yang kamu kerjakan terorganisir dengan baik, maka kamu membutuhkan aplikasi bisnis yang bisa membantumu. Selain dalam bentuk aplikasi, buat kamu yang lebih nyaman menulis tangan, maka kamu bisa memiliki planner atau notebook untuk mencatat semua hal yang berhubungan dengan pekerjaanmu.

3. Software Keuangan

Freelancer dibayar per project atau tergantung perjanjian, namun pemasukan yang tidak pasti membuat uang yang didapat mudah habis begitu saja. Pada poin tertentu ketika kamu merasa kelelahan bekerja dan tidak memiliki uang akan membuatmu depresi dan merasa bahwa hal yang kamu kerjakan sia-sia.

Oleh karena itu mencatat setiap pendapatan dan pengeluaran sangat penting dilakukan agar kamu bisa mengatur keuanganmu lebih baik lagi. Dengan pencatatan yang detail, kamu akan tahu apakah uang kamu habis untuk memenuhi kebutuhan dasar saja atau ada pengeluaran yang tidak penting dan menghabiskan uangmu tidak jelas.

Beberapa software keuangan memang berbayar, namun mereka memiliki kelebihan yang ditawarkan. Kamu bisa mencoba versi gratisnya dulu, atau kamu bisa membuat catatan sendiri di excel secara manual. Yang mana saja, yang penting kamu harus memiliki catatan keuangan.

4. Kartu Nama

Memiliki kartu nama mungkin tampak berlebihan dan sepertinya tidak perlu, tetapi kamu perlu untuk memilikinya. Buat kamu para freelancer yang sering menghadiri acara networking atau event, ada baiknya kamu memiliki kartu nama sebagai bentuk penyebaran koneksi.

Jaman sekarang kamu tidak harus mencetak kartu nama, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat kartu nama secara digital dan bisa langsung discan via QR code. Mudah kan?

5. Profesional Email dan Digital Signature

Agar dapat dianggap sebagai seorang profesional, tidak ada salahnya kalau kamu memiliki digital signature yang terdaftar, dan juga email signature yang memberikan informasi lengkap mengenai website dan sosial media bisnis yang kamu miliki.

Terutama jika kamu ingin menawarkan jasamu kepada calon klien, dengan memiliki email signature, maka klien dapat melihat langsung “bukti” pekerjaan dan kredibilitasmu sebagai freelancer yang profesional.

Memang tidak ada pekerjaan yang tidak butuh modal, namun modal tidak selalu dalam bentuk uang. Sedikit usaha lebih yang kamu lakukan dalam melakukan pekerjaan ini, dapat meningkatkan otoritasmu dan membedakanmu dari freelancer lainnya. Terutama jika sudah banyak sekali penawaran gratis yang ada di internet, yang bisa kamu gunakan tanpa harus mengeluarkan modal terlebih dulu.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button