BeautyMakeup

Panduan Makeup Dasar untuk Pemula

Apa itu Makeup dan Produk Makeup Dasar yang Perlu Kamu Ketahui

Buat kamu yang baru ingin belajar makeup untuk pertama kali atau mencoba untuk memakai makeup dalam keseharian beraktivitas, maka terlebih dahulu kamu harus tahu panduan dasar mengenai makeup.

Banyaknya produk makeup yang beredar di pasaran dan maraknya para influencer dan beauty guru yang beramai-ramai mempromosikan produk makeup dan memberikan tips-tips kecantikan, walaupun sangat berguna, namun bisa membuat bingung orang-orang yang baru mau mencari tahu tentang makeup.

Disini, kita akan membahas mengenai produk makeup dasar dan fungsinya, supaya kamu paling tidak mengerti kegunaan produk-produk tersebut dalam langkah-langkah riasan wajah secara keseluruhan.

Apa itu Makeup?

Dari segi bahasa, seperti yang dilansir dari vocabulary.com, makeup adalah hal yang membuat diri kamu adalah kamu, atau hal yang kamu pakai pada wajah kamu. Makeup adalah kamu yang merupakan kombinasi genetika dari kedua orangtuamu, atau produk kosmetik yang kamu pakai untuk menonjolkan karakter fisik wajahmu.

Makeup adalah setiap karakteristik kepribadian yang digabungkan jadi satu dan membentuk pribadi yang unik, dan makeup juga berarti riasan yang dipakai di wajah dengan tujuan untuk menyamarkan kekurangan yang ada sekaligus menonjolkan karakter fisik yang dimiliki.

Jadi pada dasarnya, secara bahasa makeup memiliki dua makna. Namun disini kita kan membahas makeup dalam bentuk riasan wajah dengan menggunakan produk-produk kosmetik.

Apa yang Dimaksud dengan Makeup Prep

Sebelum menyelami lebih dalam soal produk makeup, terlebih dahulu kamu harus tahu apa itu makeup prep, dan alasan mengapa makeup prep penting untuk dilakukan sebelum ber-makeup.

make-up-prep

Makeup prep adalah istilah yang digunakan untuk mempersiapkan wajah sebelum memakai makeup. Prep berasal dari kata prepare yang artinya persiapan. Makeup prep merupakan langkah penting yang harus kamu lakukan sebelum memakai makeup. Gunanya adalah untuk menjaga kesehatan kulitmu, dan juga menjaga agar produk makeup yang kamu gunakan di wajah dapat menempel dan terlihat sempurna.

Proses makeup prep pada dasarnya adalah melakukan langkah perawatan kulit, dimana kamu harus membersihkan wajah, menggunakan produk skincare andalan kamu seperti pelembab, serum, dan lain sebagainya. Setiap orang memiliki tips dan pilihan produk sendiri dalam memilih skincare yang akan digunakan sebelum memakai makeup, dan semuanya sangat bervariasi.

Produk Makeup Dasar dan Fungsinya

Sebelum bisa bereksperimen dan melukis wajah dengan produk makeup, kamu terlebih dulu harus tau jenis-jenis produk dan fungsi dari setiap produk di dalam proses merias wajah. Berikut adalah panduan dasar mengenai produk-produk kosmetik apa saja yang perlu diketahui, untuk kamu yang masih pemula.

Perlu diingat bahwa ketika bermakeup, tidak semua produk perlu digunakan untuk mendapatkan riasanya yang kamu inginkan. Penggunaan dan pemilihan produk, baik seluruhnya atau hanya sebagian, kembali lagi pada keputusanmu dalam menentukan makeup macam apa yang kamu inginkan.

1. Foundation

make-up-foundation

Setelah melakukan makeup prep, produk kosmetik yang pertama dipakai adalah foundation. Foundation memiliki fungsi meratakan warna kulit dan menyamarkan pori-pori wajah. Foundation memberikan efek seperti kanvas yang siap untuk dilukis.

2. Bedak

make-up-face-powder

Normalnya, jika kamu sudah memakai foundation, maka pemakaian bedak seringkali tidak diperlukan, dan juga sebaliknya. Terutama jika bedaknya adalah tipe two-way cake, yaitu bedak yang juga mengandung foundation. Fungsinya juga sama dengan foundation yaitu untuk meratakan warna kulit, menyamarkan pori-pori kulit wajah, dan sebagai tambahan bedak juga bisa memiliki fungsi untuk menutupi minyak di kulit.

3. Concealer

make-up-concealear

Concealer menawarkan hasil akhir yang tampak seperti photoshop yang dicari semua orang. Concealer seperti namanya yaitu conceal yang berarti menutupi, adalah merupakan fungsi utamanya; menutupi kekurangan kulit wajah.

Contohnya seperti menutupi kantung hitam di bawah mata, garis-garis halus pada wajah, jerawat, dan bekas jerawat. Umumnya orang menggunakan concealer yang berwarna satu tingkat di atas atau lebih terang dari warna kulit wajah dan foundation yang digunakan.

4. Bronzer

make-up-bronzer

Bronzer digunakan sebagai salah satu elemen yang memberikan warna pada wajah. Bronzer biasanya memiliki tone warna cokelat, dan digunakan untuk membuat wajah lebih berdimensi. Penggunaan pada area wajah tertentu dapat memberikan efek yang berbeda pada wajah.

Misalnya penggunaan bronzer pada area rahang, dapat menampilkan efek bentuk rahang yang lebih lembut, dimana ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang memiliki tulang rahang yang tegas. Beberapa area wajah lain untuk bronzer yang umumnya dilakukan orang-orang adalah di daerah batang hidup, dahi, dan tulang pipi.

5. Blush

make-up-blush

Blush atau pewarna pipi, atau banyak yang menyebut sebagai blush on (dan kata yang tepat adalah blush saja, sementara jika menyebut blush on maka harusnya kalimatnya adalah blush on cheek -blush yang dipakai di pipi) adalah produk yang juga memberi elemen warna pada wajah.

Blush biasanya diaplikasikan di pipi untuk memberikan tampilan wajah yang sehat berseri. Namun banyak juga suka mengaplikasikannya sedikit pada hidung untuk efek natural.

6. Highlight

make-up-highlight

Highlight memiliki fungsi untuk membuat efek bersinar pada wajah. Highlight biasanya diaplikasikan pada titik-titik dimana wajah umumnya akan bersinar ketika menerima pantulan cahaya. Titik-titik tersebut biasanya adalah di atas tulang pipi, di batang hidup tengah, dahi tengah diantara alis mata, dan di atas bibir.

7. Eye-Shadow

make-up-eyeshadow

Eye shadow biasanya memiliki banyak warna, mulai dari warna netral hingga warna bold (warna yang lebih berani), selain itu juga ada eye-shadow yang mengandung glitter untuk memberikan efek kilau pada mata. Eye-shadow biasanya diaplikasikan pada kelopak mata. Kamu bisa memakai satu warna saja, atau mencampurkan berbagai warna dengan berbagai teknik pengaplikasian untuk menimbulkan berbagai macam efek yang ingin ditunjukkan lewat mata.

8. Eyeliner

make-up-eyeliner

Eyeliner memiliki fungsi untuk membingkai mata. Tergantung teknik aplikasi yang kamu gunakan, eyeliner memiliki efek yang dapat membuat mata terlihat lebih besar, lebih kecil, lebih tajam, innocent, dan dramatis.

9. Mascara

make-up-mascara

Masih pada kosmetik seputar mata, mascara adalah produk yang digunakan pada bulu mata atas dan bawah. Tergantung dari pemilihan mascara, hasil yang didapat adalah bulu mata terlihat lebih tebal, atau lebih panjang, atau terlihat tebal dan panjang sekaligus. Memakai mascara dapat membuat mata terlihat lebih “hidup” dan cantik.

10. Brow Product

make-up-brow-product

Disebut brow product adalah karena produk ini ditujukan untuk alis mata, dan nama produknya tergantung dari jenis produk itu sendiri. Pada kosmetik lain, apapun bahan dan teksturnya, pada dasarnya penyebutan nama produk akan tetap sama, sementara tidak dengan brow product.

Penamaannya bergantung dari jenisnya sendiri seperti brow powder, brow pencil, dan lain sebagainya. Brow product digunakan untuk mendapatkan efek alis mata yang lebat, sama bentuk dan panjang, dan mengisi ruang kosong pada alis mata yang tipis.

11. Lipstick

make-up-lipstick

Sesuai namanya, lipstick adalah produk yang digunakan untuk bibir. Sama seperti brow product, lipstick pun memiliki nama yang berbeda-beda tergantung fungsi dan bentuk wadahnya. Namun secara umum, produk-produk lipstick digunakan untuk memberi warna pada bibir. Efek dari bahan lipstick yang berbeda dapat menampilkan tampilan warna yang berbeda juga.

Itulah 11 produk makeup dasar yang perlu kamu ketahui. Tentunya ada lebih banyak produk makeup lainnya, namun umumnya tidak semua orang punya atau tidak membutuhkan produk tersebut, Contohnya seperti:

  • Lip-liner yang memiliki fungsi untuk membingkai bibir, agar bibir terlihat lebih penuh.
  • Setting Spray untuk mengunci makeup agar tidak “bergeser” dan tetap awet.
  • BB Cream dan CC Cream yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan foundation, namun memiliki bahan skincare di dalamnya, sebagai tambahan perlindungan wajah.
  • Primer yang biasanya digunakan sebelum foundation sebagai pengganti makeup prep. Namun kalau kamu sudah mempersiapkan kulit kamu dengan skincare, maka primer tidak terlalu dibutuhkan.
  • Eye-shadow base yaitu produk yang dioleskan pada kelopak mata dan biasanya tidak memiliki warna. Eye-shadow base biasanya dipakai sebelum eye-shadow, dan digunakan agar eye-shadow terlihat melekat sempurna, dan beberapa produk bahkan bisa mempertajam wana eye-shadow.

make-up

Semakin kamu belajar lebih dalam tentang makeup, dan berani bereksperimen, maka lama kelamaan kamu akan sadar dan tahu makeup macam apa yang kamu suka dan cocok di wajah kamu. Ketika semakin ahli, kamu juga dapat memilih produk yang tepat sesuai dengan jenis kulit wajah dan tone wajah kamu.

Jika kamu hanya ingin terlihat natural dan nggak mau ribet, maka pilih dan beli produk-produk makeup yang sering kamu gunakan saja. Produk makeup memang memiliki harga yang bervariasi, dan untuk banyak orang, makeup paling murah pun tetap saja mahal.

Untuk itu bijak dalam membeli produk makeup juga penting. Jangan sampai kamu membeli produk yang kamu jarang pakai karena semua produk makeup memiliki masa kadaluwarsa. Jangan sampai kamu memakai makeup yang kadaluwarsa karena akan memberikan efek yang buruk untuk kulit kamu sendiri.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button