BeautyBody

Penting! Hal-hal yang Dapat Memengaruhi Kelembapan Kulit

Tahukah kamu kalau kulit yang lembap adalah kulit yang sehat, dan memakai pelembap adalah salah satu cara untuk menjaga kelembapan kulit. Memakai pelembap setiap hari sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Mengapa Memakai Pelembap Sangat Penting untuk Kulit?

Kulit adalah organ terbesar tubuh kita, dan kulit secara terus-menerus melepaskan sel kulit mati. Kelembapan pada kulit akan membantu kulit kita untuk memperbaiki dirinya sendiri secara konstan. Memiliki kulit yang lembap juga membantu mengurangi kemungkinan masalah kulit.

Lapisan epidermis, yaitu lapisan kulit terluar kita terdiri dari lapisan tipis air dan lipid. Lapisan inilah yang membuat kulit terasa halus atau lembap. Tanpa keseimbangan kelembapan yang tepat, maka kerja kulit tidak akan berjalan dengan baik. Berikut adalah 5 fungsi kulit yang seharusnya bisa kamu dapatkan jika kulitmu lembap:

  • Perlindungan – Kulit hanya dapat melakukan tugasnya sebagai pelindung tubuh jika memiliki kelembapan yang cukup.
  • Mencegah Kekeringan – Lipid kulit mengatur keseimbangan kelembapan dan meminimalkan kehilangan air, untuk mencegah kulit menjadi kencang dan kering.
  • Mencegah Pertumbuhan Bakteri – Kelembapan pada kulit membantu menjaga keseimbangan, mencegah masuknya jamur dan bakteri.
  • Regenerasi – Tanpa kelembapan pada kulit, pesan untuk membangun sel-sel kulit baru tidak dapat terkirim dengan baik.
  • Elastisitas – Tanpa air di kulit, setiap gerakan kecil atau getaran akan membuat kulit robek.

Apa yang Mempengaruhi Tingkat Kelembapan Kulit?

Terdapat beberapa kontributor utama yang mempengaruhi tingkat kelembapan kulit.

Genetika

Genetika setiap orang memiliki berbagai pengaruh yang unik untuk setiap orang, salah satunya adalah kesehatan kulit secara keseluruhan. Ketika tubuh berfungsi sebagaimana mestinya, genetika yang kamu miliki, mempunyai tugas untuk mengatur hal-hal seperti produksi dan pergantian sel kulit.

Namun, kadang-kadang gen tidak bekerja dengan baik dalam mengatur tubuh, sehingga ketika hal tersebut terjadi maka kulit dapat menjadi kering, mengalami eksim, atau kondisi kulit lainnya.

Usia

Pada kondisi iklim yang kering, ditambah dengan hilangnya kelenjar minyak seiring bertambahnya usia, maka kulit akan menjadi kering.

Lingkungan

Kondisi lingkungan dimana kamu banyak menghabiskan waktu sehari-hari juga berpengaruh pada kelembapan kulitmu. Untuk kamu yang bekerja di dalam ruangan ber-AC seperti di gedung perkantoran harus rajin-rajin mengaplikasi ulang pelembab agar kulitmu tidak mudah kering.

Gaya hidup

Pilihan gaya hidup sangat penting dalam hal kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit tubuh. Untuk mengoptimalkan kelembapan kulit, minumlah banyak air, makan makanan seimbang yang kaya buah dan sayuran, hindari merokok dan alkohol jika bisa, dan rutin berolahraga.

Kebiasaan Mandi

Di Indonesia kita terbiasa mandi minimal dua kali sehari. Buat kamu yang suka mandi dengan air panas, ada baiknya mengurangi intensitasnya. Mandi air panas dan berendam air panas dapat mengobarkan kulit; menyebabkan kemerahan, gatal, dan menghilangkan minyak, lemak, dan protein pada kulit.

Selain itu, sabun mandi yang kamu gunakan juga dapat memengaruhi kelembapan kulitmu, sehingga ada baiknya juga kamu memilih sabun mandi yang khusus untuk melembapkan kulit.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button