Self EmployedWork Stuff

Cari Tahu Daftar Pekerjaan Wiraswasta Paling Populer Saat Ini

Semua yang mau belajar sendiri pasti bisa melakukannya!

Cari tahu daftar pekerjaan apa saja yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi seorang wiraswasta di sini.

Buat kamu yang belum mendapatkan pekerjaan, atau sudah lelah bekerja di kantor dan ingin bekerja sendiri namun tetap butuh penghasilan, ada beberapa alternatif pekerjaan yang bisa kamu coba seperti berwirausaha, berwiraswasta, atau menjalankan keduanya.

Jika kamu memiliki keinginan untuk berwirausaha atau berbinis, tapi belum memiliki modal finansial yang cukup, maka berwiraswasta dapat menjadi langkah awal untuk dicoba. Dengan menjadi wiraswasta, maka kamu akan belajar:

  • Bagaimana mencari dan menghadapi klien sendiri
  • Cara mendapatkan pekerjaan yang menghasilkan
  • Mengatur pendapatan dan target penghasilan yang ingin dicapai
  • Bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan deadline
  • Mengatur waktu
  • Menanggung Risiko yang mungkin muncul

Dan banyak hal lainnya yang kamu akan pelajari, diluar keahlian dan keterampilan yang kamu miliki dan harus terus kamu tingkatkan. Setelah cukup sukses dan menghasilkan lebih, tidak ada salahnya untuk mulai membuka bisnis sendiri.

Semua wirausahawan banyak dimulai dari kewiraswastaan. Membuka bisnis tidaklah mudah, terutama ketika melibatkan banyak pengeluaran finansial dan sekelompok pekerja untuk mendukungnya. Namun dengan berwiraswasta, setidaknya kamu dapat mengerti bagaimana cara kerja sendiri untuk mendapatkan penghasilan.

Jenis-jenis Wiraswasta

Di jaman sekarang, banyak keahlian dan keterampilan yang dapat kamu pelajari sendiri, dan membuka peluang untuk berwiraswasta. Berikut adalah jenis-jenis wiraswasta yang populer dan cukup banyak dicari oleh para pemberi kerja; tidak hanya secara lokal, namun juga internasional.

1. Pekerja Lepas / Freelance

FREELANCE-WORKER

Pekerja lepas atau freelancer adalah salah satu bentuk pilihan pekerjaan mandiri yang paling populer. Dalam hal ini, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis peluang pekerjaan sesuai keahlian dan keterampilan kamu. Mulai dari jasa menulis artikel, desain, translator bahasa, data entry, dan lain sebagainya.

Saat ini di Indonesia terdapat beberapa situs yang membuka lowongan pekerjaan untuk para pekerja lepas. Platform tersebut dibuka untuk memberikan jasa yang menjamin agar pemberi pekerjaan dan pekerja lepas tidak mangkir dari tanggung jawabnya, yaitu pemberi pekerjaan akan membayar sesuai kesepakatan setelah pekerjaan selesai, dan pekerja lepas menyelesaikan pekerjaannya dan dibayar setelahnya sesuai dengan kontrak kerja.

Di luar negeri sendiri pun banyak situs yang terbuka untuk para freelance di seluruh bagian dunia, selama keahliannya memenuhi kriteria. Tentunya mendapatkan pekerjaan dari situs luar, kamu akan mendapatkan bayaran dalam mata uang dollar.

2. Asisten Virtual

VIRTUAL-ASSISTANT

Di Indonesia mungkin belum banyak yang mencari asisten virtual, namun di luar negeri seperti di Amerika, jasa sebagai asisten virtual banyak dicari. Bukan tidak mungkin tidak lama lagi akan banyak dibuka dan dicari di Indonesia.

Tugas asisten virtual biasanya seperti:

  • Mengatur komunikasi melalui email dan panggilan telepon.
  • Memberikan layanan pelanggan sebagai titik kontak pertama.
  • Mengatur meeting, travel, dan akomodasi
  • Mengelola email, daftar kontak, dan kalender
  • Mengelola sosial media, dan lain sebagainya

Kebutuhan setiap klien berbeda-beda, namun pekerjaan ini bisa dikerjakan dari manapun termasuk di rumah.

3. Blogging

BLOGGER

Blogging adalah salah satu pekerjaan wiraswasta yang cocok buat kamu yang hobi menulis, berbagi pengalaman, dan beropini akan suatu hal. Syarat paling utama yang harus kamu miliki dari pekerjaan ini adalah memiliki blog.

Ini adalah tipe wiraswasta yang belum tentu menghasilkan pendapatan langsung, tapi semakin blog kamu terkenal, maka kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan seperti Google Ads, Placement Ads dari perusahaan yang ingin memasang iklan pada blog kamu, endorsement dari brand yang sesuai dengan tema blogmu, dan lain sebagainya.

4. Personal Shopper

PERSONAL-SHOPPER

Personal shopper merupakan pekerjaan yang cukup eksklusif dan pastinya kamu harus memiliki koneksi ke orang-orang yang mau membayarmu sebagai personal shopper mereka. Personal shopper bertanggung jawab untuk merekomendasikan produk kepada klien dan membeli produk yang diputuskan untuk dibeli oleh klien.

Untuk dapat memberikan saran yang berkualitas untuk para kliennya, personal shopper harus memiliki pemahaman yang baik bukan hanya tentang produk dan trend, namun juga klien mereka sendiri. Personal shopper harus tahu apa yang menarik dan sesuai dengan taste klien mereka.

5. Penulis

WRITER

Buat kamu yang memiliki keterampilan menulis cerita, maka kamu bisa mengirimkan karyamu kepada penerbit-penerbit besar di Indonesia, mengikuti kontes, atau menjual karyamu langsung dalam bentuk cetakan atau e-books di situs-situs e-books terkenal.

6. Jasa Desain

DESIGNER

Mulai dari arsitektur, desain interior, desain website, desain grafis, kamu bisa menjual dan menawarkan keahlian kamu secara independen lewat sosial media, website pribadi, atau situs-situs freelancer.

7. Konsultan Sosial Media

SOCIAL-MEDIA-CONSULTANT

Maraknya pertumbuhan influencer, pengusaha, dan perusahaan yang mulai merambah ke dunia sosial media membuat profesi ini ada. Profesi ini kurang lebih cara kerjanya sama seperti PR (Public Relations) yang biasanya ada di perusahaan, hanya saja profesi ini membutuhkan keahlian yang mendalam mengenai sosial media.

Buat kamu para tech-savvy terutama bagaimana sosial media bekerja akan sangat cocok dengan pekerjaan ini. Tentunya kamu harus selalu update dengan apa yang sedang terjadi di dunia sosmed, apa yang sedang populer, membaca algoritma aplikasi, menaikkan traffic, dan lain sebagainya.

8. Pedagang / Penjual

SELLER

Buat kamu yang punya hobi jual beli, memiliki produk atau jasa yang bisa kamu jual, maka kamu bisa mulai menjual produk atau jasa kamu lewat e-commerce atau sosial media.

Buat kamu yang belum memiliki modal untuk stok barang, maka kamu bisa mulai menjadi dropshipper, dimana kamu hanya tinggal mempromosikan barang dari supplier, dan jika ada yang membeli, maka supplier kamu yang akan mengirimkannya langsung ke klien kamu.

9. Personal Trainer

PERSONAL-TRAINER

Tipe wiraswasta ini cocok buat kamu para penggemar olahraga. Jika kamu punya hobi nge-gym, yoga, muay-thai, basker, sepakbola, dan lain sebagainya, selain menjalankan hobi, mengapa tidak mendapatkan penghasilan dari ilmu yang kamu punya.

Kamu bisa bekerja pada gym-gym terdekat, menawarkan jasa melatih di rumah atau tempat tertentu, atau membuka kelas online agar banyak yang bisa ikut dari rumah klien masing-masing.

Selain olahraga, kamu juga harus memiliki pengetahuan tentang nutrisi dan makanan sehat untuk dapat memberikan paket lengkap kesehatan yang dapat diikuti oleh para klien kamu.

10. MakeUp Artist (MUA)

MAKE-UP-ARTIST

Hobi beli berbagai makeup dan belajar bagaimana mengaplikasikan makeup dengan baik dapat membuka peluang kerja juga loh. Kamu bisa mulai bekerja dengan orang-orang terdekatmu, dan mempromosikan hasil pekerjaanmu lewat sosial media.

Semakin kamu sering promosi dan meningkatkan kualitas dan koneksimu, maka klien biasanya akan datang dengan sendirinya.

11. Fotografer

PHOTOGRAPHER

Buat kamu yang memiliki keterampilan fotografi yang baik dapat memulai kerjasama dengan sejumlah vendor acara. Kamu bisa mulai membangun portofolio dengan mengerjakan fotografi pada acara yang diadakan orang terdekat. Selain itu kamu juga dapat menjual karyamu secara online.

12. Tutor / Guru Les Privat

TUTOR

Menjadi guru les privat juga salah satu bentuk wiraswasta yang bisa dilakukan bahkan sambil kuliah untuk mendapatkan tambahan uang. Tentunya pelajaran yang kamu ajarkan harus sesuai dengan kepandaianmu dalam mengerti dan dapat mengajarkan mata pelajaran atau keahlian tertentu.

Menjadi tutor juga bisa dibilang pekerjaan dengan kontrak panjang, minimal sebulan. Jika cocok, bahkan kamu bisa selalu diperpanjang kontraknya. Bidang yang paling dicari biasanya adalah guru bahasa, guru matematika, guru musik (alat-alat musik), guru vokal, dan guru ngaji.

13. Social Media Personality

SOCIAL-MEDIA-PERSONALITY

Menjadi sosial media personality sepertinya merupakan pilihan paling populer saat ini. Kamu dapat menjadi youtuber, tiktoker, atau selebgram, atau bahkan ketiganya. Semakin populer kamu, maka akan semakin banyak penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

Banyaknya orang yang bersosial media, terlepas dari ada atau tidaknya niat menjadi terkenal, akan menambah persaingan yang lebih gila lagi. Namun, bukan berarti tidak mungkin dilakukan.

Itulah 13 pilihan pekerjaan yang bisa kamu lakukan jika ingin mulai menjadi wiraswasta. Buat kamu yang masih bekerja kantoran atau berbisnis, beberapa profesi di atas juga dapat kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Banyak jalan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Kamu harus tetap semangat dan mau belajar untuk meningkatkan keterampilan kamu, atau pun hal-hal baru. Kamu tidak akan pernah tahu pintu rejeki mana yang sedang terbuka dari keahlian yang kamu miliki.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button