RelationshipRomance

Apa Itu Hubungan Platonis?

Sering mendengar istilah hubungan platonis atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai platonic relationship? Apa sih yang dimaksud dengan istilah hubungan tersebut, dan apakah kamu termasuk salah seorang yang menjalankannya?

Apa yang Dimaksud dengan Hubungan Platonis?

Hubungan platonis atau platonic relationship adalah hubungan dimana dua orang yang memiliki ikatan yang kuat, namun tidak ada hubungan seksual di dalamnya.

Konsep platonis sendiri berasal dari ide-ide filsuf kuno Plato, dimana nama filsuf ini digunakan untuk penyebutan istilah tersebut. Secara ide, Plato percaya bahwa jenis cinta ini dapat membawa orang lebih dekat kepada Tuhannya, atau kalau pada jamannya, lebih mendekatkan diri kepada Dewa-Dewi yang dipercayanya.

Konsep ini kemudian dipakai di jaman modern, dimana akhirnya gagasan ini difokuskan pada kedekatan seseorang dengan orang lain tanpa ada embel-embel soal hubungan romantis dan seksual. Hubungan ini bisa dijalankan oleh pasangan yang memiliki komitmen atau dalam bentuk persahabatan yang erat.

Tanda-tanda Hubungan Platonis

Terdapat sejumlah karakteristik yang membedakan hubungan platonis dari jenis hubungan lainnya. Selain kurangnya aspek seksual, jenis hubungan ini juga cenderung ditandai dengan:

  • Kedekatan
    Kedua orang dalam hubungan merasakan kedekatan satu sama lain dan merasa bahwa mereka memiliki kesamaan.
  • Kejujuran
    Kedua individu merasa bahwa mereka dapat berbagi apa yang benar-benar mereka pikirkan dan rasakan dengan orang lain. Dan mereka memiliki rasa saling percaya yang tinggi.
  • Penerimaan
    Kedua orang merasa bahwa mereka aman dan bebas untuk menjadi diri mereka sendiri, sehingga hubungan ini cenderung terasa mudah dan nyaman.

Perlu diingat bahwa tidak ada yang salah dengan hubungan semacam ini, namun tentu saja jika ingin menjalankan kehidupan cinta platonis ini, pastikan bahwa pasanganmu pun mengetahui dan dapat menerima atau menyetujui untuk menjalankan hubungan platonis.

Kenyamanan kedua belah pihak dengan satu sama lain adalah hal yang mutlak. Jangan sampai salah satunya mengharapkan lebih, dan jadi terpaksa menjalankan hubungan ini.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button