RelationshipSocial

Apa itu Healthy Relationship

Healthy relationship atau hubungan sehat mungkin bisa disebut sebagai relationship goals yang ingin dimiliki oleh semua orang. Tapi apa yang dimaksud dengan healthy relationship sendiri, dan bagaimana kita dapat membangun dan memiliki relationship yang sehat dengan orang lain?

Healthy relationship atau hubungan yang sehat adalah suatu hubungan yang melibatkan kejujuran, kepercayaan, rasa hormat, dan komunikasi terbuka antar pihak yang terlibat dalam relationship tersebut.

Hubungan yang sehat membutuhkan usaha dan kompromi dari kedua belah pihak. Keduanya harus memiliki visi dan misi yang sejalan dalam menjalankan relationship ini.

4 Fondasi Healthy Relationship

Hubungan yang sehat dibangun atas dasar 4 fondasi sebagai berikut:

Batasan (Boundaries)

Kedua belah pihak dapat menemukan cara untuk memenuhi kebutuhan akan keberadaan satu sama lain, yang sama-sama membuat nyaman.

Komunikasi (Communication)

Kedua belah pihak dapat bebas berpendapat tanpa ada rasa takut bahwa pendapatnya tidak didengarkan dan dihakimi karena perbedaan sudut pandang.

Rasa Percaya (Trust)

Membutuhkan waktu panjang untuk membangun rasa percaya, namun ketika rasa tersebut sudah dimiliki oleh kedua belah pihak, maka mereka tahu bahwa mereka bisa mengandalkan satu sama lain.

Persetujuan (Consent)

Ini adalah kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak yang dilakukan lewat kata-kata atau tindakan, dimana keduanya secara sadar dan bersedia melakukan aktivitas bersama. Kata ini biasanya banyak digunakan untuk hubungan yang mengarah pada kegiatan seksual. Perlu diingat bahwa memberikan persetujuan sekali, tidak berarti bahwa berikutnya di masa depan juga tetap berlaku (persetujuan tersebut).

Pada intinya, healthy relationship adalah hubungan yang tidak memberatkan salah satu pihak dalam menjalani hubungan tersebut. Keduanya harus saling menghargai dan menghormati segala keinginan, pendapat, dan keputusan yang dibuat, walaupun terdapat ketidaksetujuan.

Relationship yang sehat bisa terjadi karena beruntung menemukan orang yang sepaham denganmu, namun pada banyak kasus, hubungan yang baik ada karena usaha.

Buat kamu yang ingin mengusahakan untuk memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan, teman, atau keluarga, maka mulailah dengan memberikan contoh dan mengomunikasikan apa yang kamu harapkan dari hubungan ini. Mereka pun harus dapat mengomunikasikan juga pendapat mereka padamu.

Perhatikan bagaimana reaksi mereka dan dirimu sendiri pada setiap kesempatan kalian tidak sependapat. Pada dasarnya, hubungan yang sehat harus berasal dari usaha kedua belah pihak untuk memilikinya.

 

sign

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button